Selasa, 05 September 2017

Sekitar 2 bulan yang lalu musim kemarau sudah melanda negeri ini, tak tahu penyebabnya apa. Mungkin karena musimnya sudah harus kemarau? Saat kita melaksanakan ibadah puasa sebagian orang ada yang tidak puasa karena kelelahan saat melaksanakannya, apalagi bagi pekerja berat seperti petani, penambang, dan lain sebagainya. Bukan hanya itu, musim kemarau membuat kerusakan di daerah pesawahan dan perkebunan. Di daerah saya sendiri sawah-sawah yang tadinya hijau subur berubah menjadi kuning dan tanahnya menjadi tandus, sehingga para petani pun terpaksa memanennya lebih awal.

Kejadian seperti kekurangan air, kekeringan, terserangnya kanker kulit, wabah penyakit dimana-mana menjadi ciri khas dari datangnya musim kemarau ini. Walaupun memang musim kemarau dapat membuat pakain yang dijemur cepat kering tetapi dapat membuat kerusakan parah.
Saat Musim Kering Datang Musim kemarau mengakibatkan orang-orang malas untuk berinteraksi di luar rumah, karena cuaca yang sangat menyengat mumbuat kulit menjadi kering dan keriput. Apalagi bagi orang yang tempat tinggalnya di pesisir pantai sudah pasti panas yang menjadi-jadi terasa sangat banget luar biasa.

Untuk melakukan aktivitas seperti bekerja mungkin sebagian orang memaksakan saja karena "butuh". Tapi orang-orang ini bingung bagaimana supaya terhindar dari sengatan matahari yang panas. Yang bisa dilakukan saat musim kemarau datang baik untuk yang setiap harinya bepergian keluar atau yang hanya berdiam diri saja di rumah coba 11 tips mengahadapi musim kemarau berikut ini.

1. Gunakan Cream Pelembab jika kalian akan bepergian ke luar rumah. Cream pelembab ini dapat membantu kulit anda terhindar dari sinar UV matahari. Bukan hanya digunakan di area wajah saja, tapi tangan dan kaki pun perlu memakainya. Bagi kalian yang bersantai di rumah boleh juga menggunakan cream pelembab ini. Panas matahari pun bisa dirasakan saat kalian berada di dalam rumah.

2. Melakukan aktivitas beres membereskan rumah alangkah baiknya dilakukan pada waktu subuh atau sebelum terbitnya fajar. Kalian tidak akan merasa kecapean yang berlebih dan bisa bersantai saat datangnya terik matahari.

3. Biasanya dari pagi sampai sore kalian membuka jendela dan gordeng supaya sinar matahari masuk ke dalam rumah. Tapi pada saat musim kemarau tiba kalian hanya perlu membuka jendela dan gordeng pada waktu pagi saja, supaya panas matahari di waktu siang tidak masuk ke dalam rumah. Atau bagi kalian yang rumahnya kurang cahaya, boleh kalian membua gordengnya sedikit saja dn membuka pintu untuk angin masuk.

4. Mandilah secara teratur saat musim kemarau. Berbagai macam wabah penyakit banyak saat musim ini terutama penyakit kulit. 2-3 kali dalam sehari kalian mandi dan hindari berkeramas pada siang hari supaya tidak terserang penyakit flu.

5. Saat kalian mengambil jemuran pakaian, sebaiknya pakaian itu dikebutkan dulu atau dibersihkan dulu. Hal ini bertujuan supaya pakaian yang sudah dijemur bersih dari debu dan virus karena saat musim kemarau debu dan virus banyak beterbangan dan menempel pada pakaian. Ambil pakaian setelah kering dan jangan sampai dibiarkan lama di jemur karena dapat merusak serat kain akibat panas.

6. Bersenang-senang di dalam rumah jadikan sebagai hiburan yang menyenangkan. Kalian bisa ngegames, menonton film, membuat ice cream, dan lain sebagainya tanpa harus keluyuran ke luar rumah yang panas. Kalian bisa mengajak keluarga yang ada di rumah atau mengajak tetangga dekat anda untuk bermain di dalam rumah saja. Cukup menyenangkan bukan?

7. Payung tidak hanya digunakan saat musim hujan saja, tapi saat musim kemarau pun kalian wajib menggunakannya saat kalian akan bepergian ke luar. Untuk menghindari panas gunakan payung yang tebal dan berwarna terang (supaya tidak menyerap panas) dan gunakan juga baju berwarna terang.

8. Kalian yang senang akan tanaman jangan lupa untuk selalu menyiramnya setiap hari. Tanaman yang ditanam di pot lebih banyak membutuhkan air karena kurangnya penyerapan dari tempat lain. Dan jika kalian yang berniat menanam tanaman saat musim ini ada baiknya ditunda dulu. Tanaman yang baru ditanam akan kekurangan unsur hara dan air walaupun sering disiram tapi cuaca tidak mendukung.

9. Untuk menjaga kondisi badan agar selalu fit, tetaplah berolahraga pada pagi hari. Hindari tidur lama pada siang hari karena dapat mengakibatkan kepala menjadi pusing dan banyak berkeringat akibat cuaca panas.

10. Banyak minum air putih supaya terhindar dari kulit kering dan imbangi dengan buah dan sayur supaya badan selalu segar walau pada musim kemarau.

11. Berhematlah dalam menggunakan air. Walaupun kalian tinggal di daerah pegunungan tapi tetap saja air sungai dan sumur kalian tidak akan bertahan lama jika musim kemarau bertahan lama. Gunakan air seperlunya dan kecilkan keran saat kalian mencuci muka atau berwudhu.


Sumber : iyenblog.com

Reaksi Anda

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah menghubungi kami

Total Pengunjung

Pengunjung Aktip


Arsip Video

Sedang Proses...
Harga estimasi Website
• Rp 17.246.085 •
Diberdayakan oleh Blogger.
Silahkan rubah warna latar Web Kami sesuai keinginan Anda
MASUK ►►Wellcome to Sure my Live General Intelegency Zap Action Generation (SURVIVE GIEZAG) ~~ Extreme Adventure Service Team~~ Absolut Human Being ~~ Future Imagination Virtual Reality~~Team Penelusur tradisi, keindahan serta keunikan alam & kegiatan extreme

Demo Panjat Tebing

Demo Selancar

Demo Terbang Layang

Tombol Suka Fan Page

Testimonial

Makasih ya. Seru banget
Tina - Jakarta

Pantai Madasari indah, unik
Irgi - Medan

Outbond & Fun games nya Seru
Anis - Bandung

Thanks kang Sandi antar kami ke puncak Gn.Ciremai
David - Jakarta

Pantai Karapyak Pangandaran enjoy, seru banget
Shela - Bandung

Santirah Pangandaran SERU....
Sinta - Garut

Camping Ipukan Enjoy banget
Vina - Jakarta

Kampung Badud & Jembatan pelangi Pangandaran Unik
Indra - Tasikmalaya

Jojogan / Wonderhill Pangandaran punya Mantap
Pupung - Magelang

Pepedan Hill Indah & Mantap
Deni - Sumedang

Pantai Batuhiu mantap...
Shella - Semarang

Haturnuhun Kang Ali Gn.Salamet seru lho
Nadia - Bandung

Puas deh adventure disini,thanks lo!
Anita - Bandung

Mind managementnya mantap!
Tiara - Bandung

Gn.Semeru mantap, Thanks gan!
Matius Sinaga - Lampung

Gn.Ciremai seru banget
Ridwan - Bekasi

Pokonya seru, Amazing gmana?!
Susi - Cimahi

Thanks Gn.Ciremai mantap
Rian - Surabaya

Thanks!Green canyon Amazing
William - Singapore

TRIms Team surVive atas panduan wisata Kabupaten Pangandaran
Jacky - Depok

Haturnuhun kang Arief, Citumang seru!
Risna - Garut

TRIms surVive GIEZAG telah menemani kami ke Gn.Semeru. Salam lestari!
Tapak Adventure Club - Bandung Barat

Thanks!
Michael - Sydney

Thanks Bodyrafting Green canyon, extreme, enjoy dan seru
Santoso - Kudus

Seru banget Pantai Batukaras!
Sudrajat - Kuningan

エキサイティングなツアー。ありがとう Arief Pangandaran
Nakata-Osaka Japan

Kriteria Anda sukai dari surVive GIEZAG

Adventure Herbal Tradisi Kuliner Wisata

Pelayanan surVive GIEZAG

Terpopuler Minggu ini

INFUT DATA BOOKING
Masukan pilihan Anda sesuai keinginan
Di Data Base BOOKING surVive GIEZAG
KONFIRMASI KODE INVOICE
Invoice
ID Reg
Masukan kode konfirmasi yang telah Kami kirim kepada animasi-bergerak-surat-0284 Anda.

[Tutup]