Minggu, 05 Maret 2017



Skydiving tentu bukan perkara lompat dan bergaya-gaya di angkasa, buka parasut lalu mendarat. Ternyata banyak hal menunjang keberadaan kita di angkasa lho. Lompat dari pesawat untuk terjun bebas, ternyata membutuhkan teknik-teknik yang medasar, hingga mahir.

Jika kamu adalah seseorang yang ingin menjajal bagaimana rasanya 'mengangkasa' tanpa ingin ribet, memang ada instruktur dan kamu bisa skydive tandem. Namun lebih menarik jika kita tahu terlebih dulu teknik dan teori apa yang diterapkan ketika kita berada di langit, agar kita tak sekedar hanya lompat dan tanpa tahu bagaimana cara bermanuver di langit, dan bagaimana proses pendaratan.

Menurut banyak penuturan para skydiver pemula, di pertama kali mereka terjun, mereka sudah langsung ingin mendapatkan lisensi dan terjun sendiri. Jika kamu adalah orang yang demikian, berikut beberapa teknik dan teori yang berguna untuk menjajal skydive.

1. Stabilitas dan manuver

Prinsip dasar stabilitas dan manuver adalah hal yang paling mendasar dalam skydive. Stabilitas sendiri adalah sebuah kecenderungan tubuh untuk kembali ke posisi semula, setelah sebua gaya diberikan terhadap tubuh, ketika kita melayang di udara. Ketika tubuh tidak stabil, tubuh tak akan bertahan di posisi semula.

Jadi stabilitas dan manuver adalah sebuah hal yang berlawanan. Dengan tubuh yang stabil, kita tak akan bisa bermanuver. Atau jika kita ingin bermanuver, kita harus belajar untuk tak 'menstabilkan' kondisi tubuh kita.

2. "Titik gantung"

Stabilitas dan manuver punya hubungan erat dengan titik gantung, di mana posisi titik gantung akan mempengaruhi kondisi stabilitas tubuh.

Pada kecepatan terminal, tubuh diterpa angin yang menantang tarikan gravitasi dan menyebabkan tubuh jatuh bebas dalam kecepatan yang konstan. Dalam hal ini tubuh justru mendapat tarikan, yang dikenal sebagai "titik gantung." Titik ini adalah sebuah titik di mana kekuatan aerodinamis terkonsentrasi.

Jika titik gantung berada di atas pusat gravitasi yang menarik tubuh kita, tubuh akan stabil. Jika titik gantung merendah, tubuh pun juga akan menjadi tak stabil. Yang bisa kita ubah di sini hanyalah pusat tarikan gravitasi di tubuh kita. Hal ini dilakukan dengan mengubah bentuk tubuh dan posisi tubuh. Pada pemula, posisi stabil akan diambil demi keamanan. Dengan bertambahnya pengalaman, manuver akan lebih dilakukan dengan mencoba berbagai gaya.

3. Skydive dalam formasi

Dalam skydive formasi yang dilakukan minimal dua orang, stabilitas akan dihiraukan demi untuk mencapai manuver lebih cepat dalam formasi. hal ini biasa dilakukan dengan melayang dengan tangan dan siku di bawah bahu dan dada.

Berbagai manuver dalam skydive formasi dilakukan dengan memajukan bahu, merendahkan tangan, menaikkan pinggul. Beberapa manuver ini juga bisa membuat kita meluncur secara horisontal sembari jatuh dengan kecepatan konstan secara vertikal, sehingga kita bisa mengatur arah ketika jatuh bebas.

4. "Style"

Dalam skydive dikenal istilah "Style jumper" di mana mereka melakukan berbagai manuver sembari terjun bebas. Mereka biasanya benar-benar memposisikan tangan dan kaki di bawah batang tubuh, layaknya katak. Dengan gaya seperti ini, posisi titik gantung jadi berada di bawah pusat gravitasi. Sehingga pengalaman dan kemampuan sangat dibutuhkan untuk tetap seimbang di tengah kestabilan tubuh yang sangat berkurang. Selain itu, para style jumper dituntut untuk mampu bermanuver sedemikian rupa untuk mengubah arah dan berputar.

5. "Freestyle"

Berbeda dengan style jumper, freestyle jumper jauh lebih meninggalkan stabilitas. Mereka bear-benar bergantung pada manuver, di mana titik gantung bagaimanapun harus berada di bawah titik gravitasi. Posisi yang dilakukan biasanya posisi berdiri dengan kostum khusus yang dilengkapi kain corduroy pada lengan dan kaki.

6. "Freefly"

Freefly dalam skydive biasanya diasosiasikan dengan terbang layaknya roket yang menghujam Bumi, dengan kepala di bawah dan kaki di atas. Hal ini memadukan antara manuver dan stabilitas dengan menggerakkan kaki, atau dengan menggerakkan tangan ke atas kepala layaknya sedang memegang piring.



Sumber : www.m.merdeka.com



Reaksi Anda

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah menghubungi kami

Total Pengunjung

Pengunjung Aktip


Arsip Video

Sedang Proses...
Harga estimasi Website
• Rp 17.246.085 •
Diberdayakan oleh Blogger.
Silahkan rubah warna latar Web Kami sesuai keinginan Anda
MASUK ►►Wellcome to Sure my Live General Intelegency Zap Action Generation (SURVIVE GIEZAG) ~~ Extreme Adventure Service Team~~ Absolut Human Being ~~ Future Imagination Virtual Reality~~Team Penelusur tradisi, keindahan serta keunikan alam & kegiatan extreme

Demo Panjat Tebing

Demo Selancar

Demo Terbang Layang

Tombol Suka Pengunjung

Pengikut

Testimonial

Makasih ya. Seru banget
Tina - Jakarta

Pantai Madasari indah, unik
Irgi - Medan

Outbond & Fun games nya Seru
Anis - Bandung

Thanks kang Sandi antar kami ke puncak Gn.Ciremai
David - Jakarta

Pantai Karapyak Pangandaran enjoy, seru banget
Shela - Bandung

Santirah Pangandaran SERU....
Sinta - Garut

Camping Ipukan Enjoy banget
Vina - Jakarta

Kampung Badud & Jembatan pelangi Pangandaran Unik
Indra - Tasikmalaya

Jojogan / Wonderhill Pangandaran punya Mantap
Pupung - Magelang

Pepedan Hill Indah & Mantap
Deni - Sumedang

Pantai Batuhiu mantap...
Shella - Semarang

Haturnuhun Kang Ali Gn.Salamet seru lho
Nadia - Bandung

Puas deh adventure disini,thanks lo!
Anita - Bandung

Mind managementnya mantap!
Tiara - Bandung

Gn.Semeru mantap, Thanks gan!
Matius Sinaga - Lampung

Gn.Ciremai seru banget
Ridwan - Bekasi

Pokonya seru, Amazing gmana?!
Susi - Cimahi

Thanks Gn.Ciremai mantap
Rian - Surabaya

Thanks!Green canyon Amazing
William - Singapore

TRIms Team surVive atas panduan wisata Kabupaten Pangandaran
Jacky - Depok

Haturnuhun kang Arief, Citumang seru!
Risna - Garut

TRIms surVive GIEZAG telah menemani kami ke Gn.Semeru. Salam lestari!
Tapak Adventure Club - Bandung Barat

Thanks!
Michael - Sydney

Thanks Bodyrafting Green canyon, extreme, enjoy dan seru
Santoso - Kudus

Seru banget Pantai Batukaras!
Sudrajat - Kuningan

エキサイティングなツアー。ありがとう Arief Pangandaran
Nakata-Osaka Japan

Kriteria Anda sukai dari surVive GIEZAG

Adventure Herbal Tradisi Kuliner Wisata

Pelayanan surVive GIEZAG

Terpopuler Minggu ini

INFUT DATA BOOKING
Masukan pilihan Anda sesuai keinginan
Di Data Base BOOKING surVive GIEZAG
KONFIRMASI KODE INVOICE
Invoice
ID Reg
Masukan kode konfirmasi yang telah Kami kirim kepada animasi-bergerak-surat-0284 Anda.

[Tutup]