Sabtu, 28 Januari 2017

10 Hewan Paling Beracun di Dunia

Ubur-ubur kotak (Thinkstock)

Apa yang terlintas di benak Anda jika ditanyakan tentang hewan paling beracun di dunia? Jawaban yang paling sering muncul adalah ular, laba-laba, atau mungkin ubur-ubur. 

Sebagaimana dilansir dari The Conservation Institute, inilah 10 hewan paling beracun di dunia.

1. Ubur-ubur kotak

Ubur-ubur kotak (Chironex fleckeri) atau dalam Bahasa Inggris dinamai box jellyfish diyakini oleh banyak kalangan sebagai hewan dengan bisa paling mematikan di dunia. Jika tersengat, racunyan akan menyerang jantung, sistem syaraf dan sel-sel kulit. Dan parahnya, bisa dari box jellyfish sangat menyakitkan sehingga orang yang terkena akan mengalami shock, serangan jantung atau tewas tenggelam sebelum mampu keluar dari air.

2. Ular King Cobra

Ilustrasi (Thinkstock)

Kita mengenal ular king cobra (Ophiophagus hannah) sebagai hewan sangat berbisa dan berbahaya. Mereka dapat ditemui di hutan-hutan di India atau Tiongkok. Ia dikenal karena lehernya yang bisa mengembang dan kemampuannya menyemburkan bisa. Bisanya sangat berbahaya dan sekali masuk ke aliran darah, dapat menyebabkan kematian dalam waktu singkat. Sekitar 7 ml bisa satwa ini mampu membunuh seekor gajah, atau 20 manusia.

3. Siput Marmer Kerucut

Siput marmer kerucut (Cornus marmoreus ) merupakan spesies siput laut pemangsa yang banyak ditemui di perairan Chagos dan Madagaskar, Teluk Benggala India, bagian barat Samudera Pasifik ke Fiji dan Kepulauan Marshall. Bentuknya yang indah seringkali menipu banyak orang untuk memegangnya atau membawanya ke permukaan.

Siput ini mempunyai semacam belalai yang dilengkapi gigi tajam mengandung racun yang biasanya digunakan untuk menyengat mahluk laut lain yang menjadi mangsanya. Dengan giginya itu, marbled cone snail ini mudah menusuk baju penyelam dan melukainya sebagai usaha untuk melarikan diri.  Bisanya dapat menyebabkan kelumpuhan hingga kematian.

4. Gurita Cincin Biru

Gurita cincin biru (Wikimedia Commons)

Gurita cincin biru (Hapalochlaena) atau biasa dikenal dengan Blue-Ringed Octopusadalah salah satu hewan yang paling mematikan di lautan. Gurita ini tersebar di sepanjang Australia dan bagian barat Indo-Pasifik. Gurita ini sebenarnya berukuran kecil, sebesar bola golf, dengan warna cerah menggemaskan. Biasa dipegang dan dibawa ke atas oleh para penyelam. Bisa dari gurita ini dapat menyebabkan kebutaan, gangguan pernafasan akut, hingga kematian.

5. Kalajengking Deathstalker

Namanya cukup menyeramkan, dan kalajengking ini memang diyakini sebagai kalajengking paling mematikan di dunia. Kalajengking deathstalker (Leiurus quinquestriatus) yang banyak ditemui di Timur Tengah dan Afrika Utara ini memiliki racun campuran neurotoxin yang sangat kuat dan menyebabkan rasa sakit tidak tertahankan, gangguan pernafasan, kelumpuhan dan kematian.

6. Ikan Lepu Batu

Ikan batu (Synanceia verrucosa)Ikan batu (Synanceia verrucosa) (Yongkiet/Thinkstock)

Para penyelam mengenal ikan ini dan selalu berhati-hati agar tidak sekali-kali mendekatinya. Ikan lepu batu, atau ikan batu (Synanceia) terkenal dengan racunnya yang sangat kuat, yang dikeluarkan dari duri-duri di tubuhnya yang mengakibatkan luka tertusuk. Bila tidak segera ditangani, racun akan menyebar dan merusak jaringan saraf, menyebabkan kelumpuhan bahkan kematian.

7. Laba-laba Pisang

Laba-laba pisang (Phoneutria nigriventer) atau dalam Bahasa Inggris sering disebutBrazilian Wandering Spider dinobatkan sebagai laba-laba paling berbisa dan tercatat dalam Guiness Book of Records 2007. Serotonin di bisanya dapat menyebabkan kelumpuhan dan kematian.

8. Ular Inland Taipan

Ular inland taipan (Oxyuranus microlepidotus) adalah ular yang hidup di Benua Australia dan dianggap sebagai ular dengan bisa paling beracun di dunia. Neurotoxin dalam bisanya mampu membunuh manusia kurang dari 45 menit.  Untungnya, inland taipan tidak terlalu agresif dan jarang ditemui di alam liar. Hingga kini, belum ada korban jiwa yang tercatat.

9. Katak Panah Beracun

Katak panah beracun menampilkan ...Katak panah beracun menampilkan warna peringatan untuk menghalangi predator. (Joel Sartore/National Geographic)

Katak panah beracun (poison dart frog) adalah nama umum dari sekelompok katak dalam keluarga “Dendrobatidae” asli Amerika Tengah dan Selatan, hingga Hawaii. Spesies ini umumnya memiliki tubuh berwarna cerah. Walaupun semua jenis liar katak ini beracun, namun tingkat racun bervariasi dari satu jenis dan lainnya.

Katak ini cukup sering menipu kita dengan pola warna tubuhnya yang cerah menggemaskan, namun kelenjar kulitnya mengandung racun bernamabatrachotoxin yang mampu menyebabkan kelumpuhan bahkan kematian.

10. Ikan Buntal

Ikan buntal. Ikan buntal. (Ilustrasi, Thinkstock)

Mungkin ikan ini terlihat lucu dan menggemaskan. Ikan buntal (Tetraondontidae) adalah ikan yang tubuhnya bisa mengembang seperti balon dan mengeluarkan duri tajam. Ini dilakukan untuk melindungi dirinya dari pemangsa. Di Indonesia, ikan ini lebih dikenal dengan sebutan ‘ikan buntek’ sedangkan dalam bahasa Inggris disebutBalloonfishGlobefish atau Puffer fish.

Ikan yang banyak dikonsumsi di Jepang dan Korea ini secara alami memilikitetrodotoxin di tubuhnya. Tetrodotoxin adalah salah satu racun alam yang paling fatal, 100 kali lebih berbaya dibandingkan sianida. Meskipun orang dewasa mengkonsumsinya sebanyak 0,001 miligram, tetap saja berakibat fatal. Dosis dari racun ikan buntal ini bagi manusia diperkirakan 2 mg TTX. Racun yang sangat mematikan ini akan bereaksi pada korban hanya dalam waktu kurang dari setengah jam.

(Akhyari Hananto/Mongabay.co.id)

Reaksi Anda

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah menghubungi kami

Total Pengunjung

Pengunjung Aktip



SERVER 613 Live Traffic Stats SERVER 246

YouTube Channel

FanPage Facebook

Kriteria Anda sukai dari surVive GIEZAG

Adventure Herbal Tradisi Kuliner Wisata

Pelayanan surVive GIEZAG

Harga estimasi Website
• Rp 17.246.085 •
Diberdayakan oleh Blogger.
Silahkan rubah warna latar Web Kami sesuai keinginan Anda
MASUK ►►Wellcome to Sure my Live General Intelegency Zap Action Generation (SURVIVE GIEZAG) ~~ Extreme Adventure Service Team~~ Absolut Human Being ~~ Future Imagination Virtual Reality~~Team Penelusur tradisi, keindahan serta keunikan alam & kegiatan extreme

Testimonial

Makasih ya. Seru banget
Tina - Jakarta

Pantai Madasari indah, unik
Irgi - Medan

Outbond & Fun games nya Seru
Anis - Bandung

Thanks kang Sandi antar kami ke puncak Gn.Ciremai
David - Jakarta

Pantai Karapyak Pangandaran enjoy, seru banget
Shela - Bandung

Santirah Pangandaran SERU....
Sinta - Garut

Camping Ipukan Enjoy banget
Vina - Jakarta

Kampung Badud & Jembatan pelangi Pangandaran Unik
Indra - Tasikmalaya

Jojogan / Wonderhill Pangandaran punya Mantap
Pupung - Magelang

Pepedan Hill Indah & Mantap
Deni - Sumedang

Pantai Batuhiu mantap...
Shella - Semarang

Haturnuhun Kang Ali Gn.Salamet seru lho
Nadia - Bandung

Puas deh adventure disini,thanks lo!
Anita - Bandung

Mind managementnya mantap!
Tiara - Bandung

Gn.Semeru mantap, Thanks gan!
Matius Sinaga - Lampung

Gn.Ciremai seru banget
Ridwan - Bekasi

Pokonya seru, Amazing gmana?!
Susi - Cimahi

Thanks Gn.Ciremai mantap
Rian - Surabaya

Thanks!Green canyon Amazing
William - Singapore

TRIms Team surVive atas panduan wisata Kabupaten Pangandaran
Jacky - Depok

Haturnuhun kang Arief, Citumang seru!
Risna - Garut

TRIms surVive GIEZAG telah menemani kami ke Gn.Semeru. Salam lestari!
Tapak Adventure Club - Bandung Barat

Thanks!
Michael - Sydney

Thanks Bodyrafting Green canyon, extreme, enjoy dan seru
Santoso - Kudus

Seru banget Pantai Batukaras!
Sudrajat - Kuningan

エキサイティングなツアー。ありがとう Arief Pangandaran
Nakata-Osaka Japan

Amazing palace
Hiromi - Fukusima Japan

Demo Panjat Tebing

Demo Selancar

Demo Terbang Layang

Terpopuler Minggu ini

INFUT BUKU TAMU & DATA BOOKING
Masukan pilihan Anda sesuai keinginan
Di Data Base BOOKING surVive GIEZAG
KONFIRMASI NO TIKET MASUK & KODE INVOICE
No Tiket
ID Reg
Masukan kode konfirmasi yang telah Kami kirim kepada animasi-bergerak-surat-0284 Anda. Berlaku 30 menit setelah daftar Buku Tamu

[Tutup]