Rabu, 15 Februari 2017

Resep Jamur Crispy Renyah - Cemilan yang satu ini memang cukup populer setelah ayam goreng tepung atau istilah kerennya fried chicken. Dan pada dasarnya, keduanya memiliki konsep yang sama yaitu melapisi bahan utama dengan lapisan tepung untuk mendapatkan lapisan yang renyah dan gurih. Tidak hanya itu, untuk bahan adonan yang digunakan juga masih sama cuma berbeda sedikit-sedikit tergantung selera kita saat membuatnya. Jajanan yang biasanya dijajakkan mulai dari sore hingga malam hari ini bisa diperoleh dengan harga yang relatif terjangkau. Namun memang tidak seperti fried chicken yang sangat mudah ditemui, jajanan jamur crispy masih terbilang jarang. Untuk itu, sebagai alternatif kita bisa membuatnya sendiri di rumah.
Resep Jamur Crispy RenyahSeperti makanan berlapis tepung lainnya, cara membuat jamur crispy renyah juga terbilang sederhana dan praktis. Kita bisa membuatnya hanya dengan modal rasa penasaran walau tanpa keahlian memasak tingkat tinggi . Namun memang rasa yang didapatkan mungkin tidak terlalu sesuai dengan yang diharapkan. Jika pernah mencoba membuatnya, minimal kita mempunyai gambaran untuk kedepan jika kita mencoba untuk membuatnya lagi dan bisa menyesuaikan rasa berdasarkan pengalaman.

Pada prosesnya, inti dari pembuatan jamur crispy adalah pelapisan adonan pada bahan baku jamur untuk kemudian digoreng. Agar tepung bisa menempel sempurna pada jamur, kita membutuhkan bahan pengikat agar menempel sempurna. Sebenarnya, menggunakan air saja sudah cukup untuk membuat tepung terigu menempel pada jamur, namun rasanya kurang greget jika tanpa bumbu. Untuk itu, kita menggunakan adonan pencelup agar jamur crispy kita memiliki rasa yang lebih gurih dan lezat.

Resep Jamur Crispy Renyah

Bahan tepung yang kita gunakan disini adalah tepung terigu serbaguna, baik itu untuk adonan pencelup maupun adonan pelapis utama. Agar lebih enak dan gurih, kita bisa menambahkan telur pada adonan pencelup namun tidak wajib, tidak ditambahkan juga tidak apa-apa. Sementara untuk adonan pelapis, kita menambahkan sedikit tepung beras agar lapisan tepung lebih crispy, karena tepung beras itu sifatnya lebih keras dari tepung terigu saat digoreng. Untuk penggunaan baking powder, ini dimaksudkan agar lapisan tepung baik itu pencelup maupun pelapis nantinya memiliki rongga-rongga udara sehingga teksturnya lebih renyah. Pilihan ini bersifat opsional karena beberapa resep juga ada yang tidak menyertakannya.

Bahan Resep Jamur Crispy Renyah

250 gr jamur tiramMinyak goreng banyak untuk deep fry

Bahan Pencelup

2 sdm tepung terigu1 btr telur ayam3 siung bawang putih, haluskan1 sdt garam1/2 sdt kaldu bubuk1/2 sdt lada bubuk1/2 sdt baking powder150 ml air es

Bahan Pelapis

250 gr tepung terigu2 sdm tepung beras1/2 sdt baking powder1/2 sdt lada bubuk1/2 sdt kaldu bubuk1 sdt garam

Cara Membuat Jamur Crispy Renyah

Bersihkan jamur tiram kemudian cuci bersih. Sumwir-suwir dengan alur memanjang, kemudian peras dan tiriskan.Membuat adonan pencelup. Satukan semua bahan kemudian aduk merata hingga membentuk adonan yang encer. Sisihkan.Membuat adonan pelapis. Satukan semua bahan kemudian aduk rata. Akan lebih baik jika semua bahan diayak sehingga bisa tercampur dengan merata tanpa gumpalan salah satu bahan. Sisihkan.Panaskan minyak yang agak banyak, patokannya yaitu jamur bisa terendam seluruhnya ketika digoreng. Panaskan hingga benar-benar panas diatas api sedang.Ambil potongan jamur, celupkan kedalam adonan mencelup kemudian gulingkan diatas adonan pelapis. Remas-remas perlahan menggunakan tangan sehingga tepung menempel pada jamur.Goreng jamur hingga matang dan berubah warna menjadi coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.Sajikan jamur crispy bersama dengan bahan pelengkap seperti saus somat, saua sambal atau bahkan bumbu tabur aneka rasa.

Reaksi Anda

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah menghubungi kami

Total Pengunjung

Pengunjung Aktip


Arsip Video

Sedang Proses...
Harga estimasi Website
• Rp 17.246.085 •
Diberdayakan oleh Blogger.
Silahkan rubah warna latar Web Kami sesuai keinginan Anda
MASUK ►►Wellcome to Sure my Live General Intelegency Zap Action Generation (SURVIVE GIEZAG) ~~ Extreme Adventure Service Team~~ Absolut Human Being ~~ Future Imagination Virtual Reality~~Team Penelusur tradisi, keindahan serta keunikan alam & kegiatan extreme

Demo Panjat Tebing

Demo Selancar

Demo Terbang Layang

Tombol Suka Fan Page

Testimonial

Makasih ya. Seru banget
Tina - Jakarta

Pantai Madasari indah, unik
Irgi - Medan

Outbond & Fun games nya Seru
Anis - Bandung

Thanks kang Sandi antar kami ke puncak Gn.Ciremai
David - Jakarta

Pantai Karapyak Pangandaran enjoy, seru banget
Shela - Bandung

Santirah Pangandaran SERU....
Sinta - Garut

Camping Ipukan Enjoy banget
Vina - Jakarta

Kampung Badud & Jembatan pelangi Pangandaran Unik
Indra - Tasikmalaya

Jojogan / Wonderhill Pangandaran punya Mantap
Pupung - Magelang

Pepedan Hill Indah & Mantap
Deni - Sumedang

Pantai Batuhiu mantap...
Shella - Semarang

Haturnuhun Kang Ali Gn.Salamet seru lho
Nadia - Bandung

Puas deh adventure disini,thanks lo!
Anita - Bandung

Mind managementnya mantap!
Tiara - Bandung

Gn.Semeru mantap, Thanks gan!
Matius Sinaga - Lampung

Gn.Ciremai seru banget
Ridwan - Bekasi

Pokonya seru, Amazing gmana?!
Susi - Cimahi

Thanks Gn.Ciremai mantap
Rian - Surabaya

Thanks!Green canyon Amazing
William - Singapore

TRIms Team surVive atas panduan wisata Kabupaten Pangandaran
Jacky - Depok

Haturnuhun kang Arief, Citumang seru!
Risna - Garut

TRIms surVive GIEZAG telah menemani kami ke Gn.Semeru. Salam lestari!
Tapak Adventure Club - Bandung Barat

Thanks!
Michael - Sydney

Thanks Bodyrafting Green canyon, extreme, enjoy dan seru
Santoso - Kudus

Seru banget Pantai Batukaras!
Sudrajat - Kuningan

エキサイティングなツアー。ありがとう Arief Pangandaran
Nakata-Osaka Japan

Kriteria Anda sukai dari surVive GIEZAG

Adventure Herbal Tradisi Kuliner Wisata

Pelayanan surVive GIEZAG

Terpopuler Minggu ini

INFUT DATA BOOKING
Masukan pilihan Anda sesuai keinginan
Di Data Base BOOKING surVive GIEZAG
KONFIRMASI KODE INVOICE
Invoice
ID Reg
Masukan kode konfirmasi yang telah Kami kirim kepada animasi-bergerak-surat-0284 Anda.

[Tutup]