Sabtu, 03 Desember 2016

Survival Kit - Dalam pembahasan yang lalu, telah diterangkan segala hal mengenai teknik bertahanhidup (survival) dalam kondisi yang buruk. Kali ini, untuk melengkapi bahasan mengenai itu, penulis akan menyajikan beberapa informasi mengenai peralatan yang mendukung teknik survival tersebut, yakni survival kit. Ada banyak cara untuk bertahan hidup di alam saat kondisi buruk menimpa, bahkan dengan tangan kosong sekali pun, asalkan kita menguasai berbagai teknik survival dengan baik, kita akan dapat bertahan pada kondisi terburuk yang ada.

Namun tak banyak yang bisa dan siap bertahan hidup dengan tangan kosong, hanya beberapa orang saja yang sanggup melakukannya, kebanyakan dari kita akan mati jika tak dibekali peralatan yang baik dalam menunjang teknik survival ini. Maka dari itu, marilah kita bahas bersama apa itu survival kit, apa saja yang termasuk di dalamnya, dan apa saja fungsi kegunaannya.

Setiap perjalanan, baik perjalanan darat, laut maupun udara, selalu diikuti dengan resiko keadaan terburuk yang kapan saja dapat menimpa pelaku perjalanan. Kecelakaan tak pernah memilih siapa yang siap ataupun tidak, semua bisa mengalami tanpa kita dapat menolaknya. Para pelaku bisnis penyedia jasa transportasi perjalanan sadar betul akan resiko kecelakaan ini, untuk mengatasi jikalau kecelakaan menimpa kendaraan mereka, telah disediakan peralatan bertahan hidup yang mumpuni untuk digunakan, jika kecelakaan terjadi.

Bus, kapal pesiar, dan pesawat terbang pasti dilengkapi dengan perlengkapan survival ini, hal ini dapat menyelamatkan penumpangnya saat pesawat terbang terjatuh misalnya, atau saat kapal pesiar tenggelam. Dalam film-film yang mengangkat tema-tema kecelakaan transportasi, kita pasti akan menemukan adegan korban memanfaatkan peralatan survival yang tersedia.

Tentu kita tidak akan membahas lebih jauh mengenai peralatan survival dalam transportasi kendaraan, yang akan kita bahas adalah peralatan survival dalam kegiatan alam bebas. Survival kit dalam kegiatan alam bebas meliputi berbagai peralatan dan kebutuhan yang dapat menolong kita saat menghadapi keadaan kritis di lapangan. Peralatan praktis yang bisa membuat kita tetap hidup ini terdiri dari berbagai komponen dan peralatan, diantaranya :

Peralatan untuk shelter dan pemberi kehangatan

Selimut darurat (space blanket, emergency blanket) dapat mencegah tubuh kita mengalami hypothermia.Ponco atau jas hujan yang ringan dan mudah dibawa untuk melindungi kita dari angin dan hujan. Selain itu dapat juga dibuat sebagai bivak darurat.Plastik sampah besar juga dapat dimanfaatkan sebagai ponco darurat atau sebagai alas.Korek api anti air sangat penting agar tetap bisa digunakan saat cuaca buruk.Kapas juga dapat kita bawa untuk memudahkan membuat api.Pemantik api juga perlu untuk dibawa.Sleeping bag darurat sangat baik dalam member kehangatan.

Peralatan kesehatan dan P3K

Obat luka luar (betadine)Alkohol sebagai pembersih luka dari kuman.Plester dan perban.Obat pusing, mual, dan diare.Sarung tangan latex bila diperlukan, agar penanganan luka lebih steril.Garam memiliki berbagai fungsi pengobatan, diantaranya dapat digunakan untuk      mencegah dehidrasi akibat diare.Multivitamin.Balsem untuk otot kaku.Obat alergi.Obat untuk penyakit pribadi yang diderita.

Peralatan Makan dan Minum

Botol penyimpanan dan penyaring air (water filter/purification).Makanan kaleng atau siap saji, biasanya berupa makan kering yang siap dimasak.Kompor lapangan.Peralatan memancing.Kawat untuk jebakan.Jaring untuk menangkap ikan bila perlu.

Peralatan navigasi, pencahayaan dan pemberi sinyal

Peluit.Cermin sebagai pemantul cahaya.Senter atau headlamp dengan batre cadangan.Peta kontur lokasi (jika ada).Kompas sebagai penunjuk arah.GPS.Flare untuk memberi sinyal lokasi kita berada.Selotip atau pita berwarna untuk meninggalkan jejak.Glow stick (Stik menyala).

Peralatan multifungsi dan lainnya

Pisau lipat multifungsi, missal pisau swiss army.Benang dan jarum untuk menjait pakaian yang sobek.Pisau tebas.Kapak kecil.Gergaji kecil.Solar charger (Charger dengan solar cell).Buku panduan survival.Lilin sebagai penerangan, pemberi sinyal, atau pembuat api.Gunting.

Itulah beberapa peralatan yang dapat dibawa dalam survival kit untuk kegiatan alam bebas, bila ada yang terlewatkan, kawan-kawan dapat menambahkan sendiri untuk melengkapi peralatan diatas. Sebenarnya banyak sekali peralatan penting yang dapat menyelamatkan kita saat mencoba bertahan hidup di alam, namun tentunya jika semua kita bawa akan sangat ribet dan berat membawanya.

Kepraktisan dan kemudahan penggunaan alat-alat survival akan mendapat nilai plus, hal ini karena para penggiat alam selalu mementingkan berat dan efektifitas peralatan dan barang yang mereka bawa untuk berpetualang. Peralatan survival kit sendiri dapat kawan-kawan simpan di satu botol, tempat dari kaleng, ataupun tas kecil khusus, asalkan tetap terlindung dari air dalam keadaan apapun. Dituntut kejelian dan keputusan yang bijak dalam menentukan dan membuat survival kit perjalanan kita.

Selalu teliti dalam perencanaan perjalanan dan jangan lupa cek selalu kondisi peralatan yang kita bawa sebelum berangkat. Salam lestari!

Reaksi Anda

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah menghubungi kami

Total Pengunjung

Pengunjung Aktip



SERVER 613 Live Traffic Stats SERVER 246

YouTube Channel

FanPage Facebook

Kriteria Anda sukai dari surVive GIEZAG

Adventure Herbal Tradisi Kuliner Wisata

Pelayanan surVive GIEZAG

Harga estimasi Website
• Rp 17.246.085 •
Diberdayakan oleh Blogger.
Silahkan rubah warna latar Web Kami sesuai keinginan Anda
MASUK ►►Wellcome to Sure my Live General Intelegency Zap Action Generation (SURVIVE GIEZAG) ~~ Extreme Adventure Service Team~~ Absolut Human Being ~~ Future Imagination Virtual Reality~~Team Penelusur tradisi, keindahan serta keunikan alam & kegiatan extreme

Testimonial

Makasih ya. Seru banget
Tina - Jakarta

Pantai Madasari indah, unik
Irgi - Medan

Outbond & Fun games nya Seru
Anis - Bandung

Thanks kang Sandi antar kami ke puncak Gn.Ciremai
David - Jakarta

Pantai Karapyak Pangandaran enjoy, seru banget
Shela - Bandung

Santirah Pangandaran SERU....
Sinta - Garut

Camping Ipukan Enjoy banget
Vina - Jakarta

Kampung Badud & Jembatan pelangi Pangandaran Unik
Indra - Tasikmalaya

Jojogan / Wonderhill Pangandaran punya Mantap
Pupung - Magelang

Pepedan Hill Indah & Mantap
Deni - Sumedang

Pantai Batuhiu mantap...
Shella - Semarang

Haturnuhun Kang Ali Gn.Salamet seru lho
Nadia - Bandung

Puas deh adventure disini,thanks lo!
Anita - Bandung

Mind managementnya mantap!
Tiara - Bandung

Gn.Semeru mantap, Thanks gan!
Matius Sinaga - Lampung

Gn.Ciremai seru banget
Ridwan - Bekasi

Pokonya seru, Amazing gmana?!
Susi - Cimahi

Thanks Gn.Ciremai mantap
Rian - Surabaya

Thanks!Green canyon Amazing
William - Singapore

TRIms Team surVive atas panduan wisata Kabupaten Pangandaran
Jacky - Depok

Haturnuhun kang Arief, Citumang seru!
Risna - Garut

TRIms surVive GIEZAG telah menemani kami ke Gn.Semeru. Salam lestari!
Tapak Adventure Club - Bandung Barat

Thanks!
Michael - Sydney

Thanks Bodyrafting Green canyon, extreme, enjoy dan seru
Santoso - Kudus

Seru banget Pantai Batukaras!
Sudrajat - Kuningan

エキサイティングなツアー。ありがとう Arief Pangandaran
Nakata-Osaka Japan

Amazing palace
Hiromi - Fukusima Japan

Demo Panjat Tebing

Demo Selancar

Demo Terbang Layang

Terpopuler Minggu ini

INFUT BUKU TAMU & DATA BOOKING
Masukan pilihan Anda sesuai keinginan
Di Data Base BOOKING surVive GIEZAG
KONFIRMASI NO TIKET MASUK & KODE INVOICE
No Tiket
ID Reg
Masukan kode konfirmasi yang telah Kami kirim kepada animasi-bergerak-surat-0284 Anda. Berlaku 30 menit setelah daftar Buku Tamu

[Tutup]