Rabu, 30 November 2016

Tahukah anda jika semua bagian pepaya dapat bermanfaat? Ya, dari mulai akar, daun, buah, getah hingga bunga pepaya memiliki manfaat.Manfaat daun pepayaatau buahnya sudah amat dikenal oleh masyarakat Indonesia, namun siapa sangka bunga pepaya juga dapat dikonsumsi dan berguna bagi kesehatan. Bahkan, tidak banyak yang mengetahui jika bunga pepaya ini dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu.

Kandungan Gizi Bunga Pepaya

Khasiat bunga pepaya, terletak di dalam kandungan gizinya yang melimpah. Di dalam setiap 100 gram bunga pepaya, terdapat:

KandunganNilai GiziEnergi45 kkalProtein2,6 grLemak0,3 grKarbohidrat8,1 grKalsium290 mgFosfor113 mgZat Besi4,2 mgVitamin A0 IUVitamin B10,01 mgVitamin C23,3 mg

Berbagai kandungan gizi yang terdapat di dalam bunga pepaya mungkin masih tidak cukup untuk membuat bungan pepaya ini dikonsumsi, karena tidak suka akan rasanya yang pahit. Padahal khasiat bunga pepaya yang kita dapatkan setelah mengkonsumsi, akan membuat anda melupakan rasa pahitnya, seperti berikut ini :

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan dalam bunga pepaya seperti tannin membantu organ-organ pencernaan di dalam tubuh, untuk melakukan fungsinya dengan optimal. Kandungan gizi di dalam bunga pepaya yang membantu fungsi organ pencernaan ini, akan membuat metabolisme tubuh pun menjadi lebih lancar.

2. Memperbaiki Nafsu Makan

Jika anak sedang mengalami kesulitan makan, bunga pepaya bisa digunakan sebagai obat untuk mengembalikan nafsu makan yang hilang. Penggunaan bunga pepaya untuk tujuan ini, sudah banyak dilakukan sejak lama oleh masyarakat Indonesia. Dan hasilnya pun terbukti sangat ampuh untuk membuat nafsu makan kembali.

3. Menangkal Radikal Bebas

Di dalam bunga pepaya mengandung unsur yang berperan sebagai manfaat antioksidan. Antioksidan sendiri berguna untuk menangkal masuknya radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita. Radikal bebas yang berasal dari polusi yang terjadi di lingkungan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yang dapat merugikan kesehatan.

4. Melancarkan Peradaran Darah

Jika mengalami penyakit tekanan darah tinggi, tembahkan bunga pepaya pada menu makanan secara teratur, bisa membantu untuk menormalkan kembali tekanan darah. Kandungan yang ada di dalam bunga pepaya sangat bermanfaat untuk mengatur sirkulasi darah di dalam tubuh, serta melancarkan kembali peredaran darah, yang juga di dapat dari :

5. Menjauhkan dari Penyakit Kanker

Manfaat senyawa flavanoid dan antioksidan yang terdapat di dalam bunga pepaya dapat berfungsi untuk menangkal dan mencegah masuknya radikal bebas di dalam tubuh sebagai penyebab macam-macam kanker. Flavonoid dan antioksidan juga mempunyai fungsi lain yakni untuk menjaga kestabilan sistem imun tubuh kita.

6. Mengobati Diabetes

Bunga pepaya dipercaya dapat membantu menurunkan kadar insulin di dalam tubuh sebagai penyebab utama seorang mengalami diabetes. Meskipun demikian, belum ada penelitian yang secara ilmiah menunjukan bahwa bunga pepaya memang bisa menyembuhkan diabetes. Namun orang-orang jaman dulu banyak yang mengkonsumsi bunga pepaya ini, guna mengontrol kadar dula di dalamnya.

Seperti manfaat buah-buahan alami, manfaat bunga pepaya ini termasuk juga untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Karena banyak dirasakan perubahan yang lebih baik setelah mengkonsumsi bunga pepaya.

Dr. Shika Sharma, seorang dokter di sebuah institusi kesehatan juga mengamini hal tersebut, dan mengungkapkan jika memang bunga pepaya mengandung banyak vitamin dan unsur-unsur yang dapat berfungsi untuk menyembuhkan.

Top Herbal Untuk Diabetes

7. Menurunkan Berat Badan

Bunga pepaya seperti manfaat buah pepaya juga mengandung serat, vitamin A, B dan C yang cukup, walaupun tidak sebanyak pada buahnya. Bunga pepaya memiliki manfaat untuk membantu menurunkan berat badan. Makanlah bunga pepaya secara teratur yang diimbangi dengan pola hidup sehat, maka berat badan pun akan menjadi seperti yang diimpikan.

8. Menurunkan Kolesterol

Bunga pepaya juga terbukti kaya akan folat dan antioksidan yang juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk menurunkan kolesterol. Dengan mengkonsumsi bunga pepaya, tubuh akan menambah asupan folat serta antioksidan yang dapat melawan kolesterol jahat di dalam tubuh.

9. Mencegah Penyakit Stroke

Kandungan di dalam bunga pepaya dengan tingkatan yang tinggi, sangat berguna untuk sebagai pencegahan penyakit stroke yang dapat diakibatkan oleh buruknya sirkulasi darah di dalam tubuh.

10. Mencegah Serangan Jantung

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, manfaat bunga pepaya mengandung sejumlah zat yang  bisa membantu melancarkan peredaran darah. Hal ini selanjutnya akan membantu jantung tetap sehat, serta bisa mencegah serangan jantung.

Cara Memasak Bunga Pepaya tanpa Rasa PahitSekilas tentang Tanaman Pepaya

Dalam bagian ini akan dijelaskan mengenai cara atau saran penyajian bunga pepaya agar dapat anda rasakan manfaatnya. Hampir semua orang mengetahui jika bunga pepaya memiliki rasa yang sangat pahit, sehingga walaupun khasiatnya banyak, banyak orang yang enggan untuk mengkonsumsi bagian dari pepaya ini.

Nah, di bawah ini akan dijelaskan cara mengolah bunga pepaya agar tidak pahit bahkan dapat menjadi olahan masakan yang sangat lezat. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: :

250 gr bunga pepaya50 gr teri rebus4 siung bawang merah3 siung bawang putih2 buah cabe merah, atau bisa disesuaikan. Iris menyerong.Cabe rawit, sesuaikan dengan selera anda. Iris kecil menyerong.1 sdm asam jawaAir dalam takaran secukupnyaCuci bunga pepaya hingga bersih.Untuk menghilangkan rasa pahit pada bunga pepaya, siapkan panci, masukan air lalu biarkan hingga mendidih. Kemudian, masukan asam jawa beserta bunga pepaya. Biarkan beberapa saat, namun tetap perhatikan. Jangan sampai bunga pepaya menjadi terlalu masak.Siapkan wajan. Tumis bumbu – bumbu yang sudah disiapkan tadi.Jika sudah keluar aroma harum dari bumbu, masukan rebusan bunga pepaya.Tambahkan sedikit air pada tumisan bumbu dan bunga pepaya.Biarkan bumbu meresap ke dalam bunga pepaya.Masukan teri, aduk. Tambahkan lagi sedikit air. Biarkan beberapa saat.Tumis bunga pepaya tanpa rasa pahit pun siap untuk disajikan.

 

Reaksi Anda

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah menghubungi kami

Total Pengunjung

Pengunjung Aktip



SERVER 613 Live Traffic Stats SERVER 246

YouTube Channel

FanPage Facebook

Kriteria Anda sukai dari surVive GIEZAG

Adventure Herbal Tradisi Kuliner Wisata

Pelayanan surVive GIEZAG

Harga estimasi Website
• Rp 17.246.085 •
Diberdayakan oleh Blogger.
Silahkan rubah warna latar Web Kami sesuai keinginan Anda
MASUK ►►Wellcome to Sure my Live General Intelegency Zap Action Generation (SURVIVE GIEZAG) ~~ Extreme Adventure Service Team~~ Absolut Human Being ~~ Future Imagination Virtual Reality~~Team Penelusur tradisi, keindahan serta keunikan alam & kegiatan extreme

Testimonial

Makasih ya. Seru banget
Tina - Jakarta

Pantai Madasari indah, unik
Irgi - Medan

Outbond & Fun games nya Seru
Anis - Bandung

Thanks kang Sandi antar kami ke puncak Gn.Ciremai
David - Jakarta

Pantai Karapyak Pangandaran enjoy, seru banget
Shela - Bandung

Santirah Pangandaran SERU....
Sinta - Garut

Camping Ipukan Enjoy banget
Vina - Jakarta

Kampung Badud & Jembatan pelangi Pangandaran Unik
Indra - Tasikmalaya

Jojogan / Wonderhill Pangandaran punya Mantap
Pupung - Magelang

Pepedan Hill Indah & Mantap
Deni - Sumedang

Pantai Batuhiu mantap...
Shella - Semarang

Haturnuhun Kang Ali Gn.Salamet seru lho
Nadia - Bandung

Puas deh adventure disini,thanks lo!
Anita - Bandung

Mind managementnya mantap!
Tiara - Bandung

Gn.Semeru mantap, Thanks gan!
Matius Sinaga - Lampung

Gn.Ciremai seru banget
Ridwan - Bekasi

Pokonya seru, Amazing gmana?!
Susi - Cimahi

Thanks Gn.Ciremai mantap
Rian - Surabaya

Thanks!Green canyon Amazing
William - Singapore

TRIms Team surVive atas panduan wisata Kabupaten Pangandaran
Jacky - Depok

Haturnuhun kang Arief, Citumang seru!
Risna - Garut

TRIms surVive GIEZAG telah menemani kami ke Gn.Semeru. Salam lestari!
Tapak Adventure Club - Bandung Barat

Thanks!
Michael - Sydney

Thanks Bodyrafting Green canyon, extreme, enjoy dan seru
Santoso - Kudus

Seru banget Pantai Batukaras!
Sudrajat - Kuningan

エキサイティングなツアー。ありがとう Arief Pangandaran
Nakata-Osaka Japan

Amazing palace
Hiromi - Fukusima Japan

Demo Panjat Tebing

Demo Selancar

Demo Terbang Layang

Terpopuler Minggu ini

INFUT BUKU TAMU & DATA BOOKING
Masukan pilihan Anda sesuai keinginan
Di Data Base BOOKING surVive GIEZAG
KONFIRMASI NO TIKET MASUK & KODE INVOICE
No Tiket
ID Reg
Masukan kode konfirmasi yang telah Kami kirim kepada animasi-bergerak-surat-0284 Anda. Berlaku 30 menit setelah daftar Buku Tamu

[Tutup]