Jumat, 24 November 2017

Pertolongan pertama pada luka bakar ringan, sedang, dan berat harus anda ketahui agar tidak salah penanganan. Luka bakar bisa terjadi karena beberapa sebab seperti api, bahan kimia seperti cairan, minyak panas maupun air yang mendidih. Terkadang beberapa kecelakaan ini tidak bisa dicegah meskipun sudah bersikap hati-hati. Ada beberapa perhatian penting ketika akan menolong korban luka bakar yaitu mengetahui tingkat keparahan atau tingkat luka bakar.

Tingkat Luka Bakar dan Pertolongan Pertama yang Dibutuhkan

Luka Bakar Tingkat Satu

Ini termasuk jenis luka bakar yang paling ringan dan bisa pulih seperti semula. Namun Anda tetap harus memperhatikan cara yang tepat agar bisa sembuh total. Luka bakar tingkat satu ditandai dengan bekas merah pada kulit dan sangat menyakitkan. Bagian luka akan mengembang atau membengkak tapi tidak terlalu parah. Ketika Anda menekan bagian kulit maka luka akan menjadi putih. Biasanya kulit bagian yang terkena luka bakar akan mengelupas pada hari ke satu atau ke dua. Waktu penyembuhan yang dibutuhkan selama 3 hingga 7 hari.

Pertolongan Pertama:

Langsung siapkan air dingin yang bersih dan kemudian rendam luka bakar di air dingin selama 10 menit. Air dingin ini bisa mengurangi resiko pembengkakan ketika kulit yang lembut terkena suhu yang sangat panas.Gunakan beberapa produk yang bisa membuat luka bakar menjadi dingin seperti gel lidah buaya atau krim khusus untuk luka bakar ringan.Tutup luka bakar dengan perban yang bersih dan kering namun jangan terlalu kencang karena bisa menyebabkan luka bertambah parah.Jika terasa sakit dan menyebabkan korban tidak bisa beristirahat maka berikan obat pereda nyeri untuk mengatasi rasa sakit dan mencegah pembengkakan.Luka Bakar Tingkat Dua

luka bakar tingkat kedua

Luka bakar pada tingkat dua lebih parah daripada luka bakar tingkat satu. Luka bakar ini akan terasa lebih sakit dan biasanya menyebabkan bagian kulit menjadi terluka. Bagian kulit akan melepuh dan kulit sekitarnya terasa sangat sensitif. Bagian luka akan menjadi kemerahan, menjadi noda yang membekas pada kulit dan luka akan membengkak. Waktu penyembuhan yang dibutuhkan sekitar 2 hingga 4 minggu.

Pertolongan Pertama:

Usahakan untuk segera menyiapkan air dingin yang bersih, kemudian rendam luka bakar selama 17 menit.Perban bagian luka bakar seperti pada kulit yang mengelupas. Kemudian usahakan untuk memberikan perban yang tidak terlalu kuat agar luka tidak terlalu menjadi parah. Kemudian hindarkan luka dari infeksi yang bisa menyebabkan nanah.Ganti perban setiap hari agar tidak menjadi infeksi.Jika sudah terasa gatal maka luka bakar akan segera sembuh dan hindari untuk menggaruk luka dengan kuku karena bisa menyebabkan luka menjadi infeksi.
Luka Bakar Tingkat Tiga

Luka  bakar tingkat tiga termasuk dalam luka yang paling parah. Hal ini ditunjukkan dengan bagian luka yang bisa menyebabkan kerusakan pada beberapa lapisan kulit. Kulit yang terkena luka bakar akan menjadi sangat putih dan bahkan hangus. Kerusakan akibat luka bakar ini bisa menyebabkan rasa sakit yang sangat parah dan juga kerusakan syaraf dibawah kulit. Jaringan kulit yang sudah mengalami kerusakan mungkin akan membutuhkan operasi atau rekontruksi dari dokter ahli. Waktu penyembuhan yang dibutuhkan akan lebih lama sesuai dengan tingkat perawatan yang dibutuhkan.

Pertolongan Pertama:

Pertolongan pertama pada luka bakar tingkat tiga memang tidak bisa dilakukan secara umum. Pencegahan hanya bisa dilakukan untuk mencegah luka agar tidak menjadi lebih parah.Segera bantu korban untuk bisa dibawa kerumah sakit.Hindari melepaskan pakaian atau benda apapun yang menempel pada bagian luka bakar.Jangan menerapkan cara seperti pada bagian luka bakar tingkat satu atau tingkat dua. Jangan merendam luka bakar dalam air atau jangan memberikan krim atau salep apapun untuk bagian luka.Jika luka bakar terlalu parah maka tempelkan kapas dingin yang basah.

Larangan untuk Luka Bakar

Jangan memberikan beberapa bahan krim atau cairan seperti pasta gigi, mentega, es batu atau air es pada bagian luka bakar.Jangan melepas benda apapun untuk jenis luka bakar yang parah.Jangan menerapkan bahan kimia apapun untuk luka bakar yang lebih parah seperti luka bakar tingkat tiga.

Segera Cari Pertolongan Medis jika:

Kulit yang terkena luka bakar lebih luas dan menyebabkan korban merasa sangat kesakitan.Luka bakar disebabkan oleh bahan kimia seperti air keras, sangatan listrik, dan api.Luka bakar yang terjadi pada bagian wajah, persendian, tangan, kaki, dan alat kelamin.Luka bakar menjadi infeksi dan korban mengalami tanda-tanda infeksi seperti nanah muncul pada bagian luka, tubuh demam dan kehilangan kesadaran.

Komplikasi Akibat Luka Bakar

Gangguan paru-paru bisa terjadi akibat korban yang terkena luka bakar akibat kebakaran pada bangunan seperti rumah, pasar, perkantoran, pabrik, dan tempat lain.Kondisi hipovolemia yaitu ketika korban mengalami kehilangan banyak cairan akibat luka bakar yang lebih luas dan menyebabkan penderita syok sehingga tidak mendapatkan oksigen yang cukup.Hipotermia yaitu kondisi ketika suhu badan korban kehilangan suhu hangat yang menyebabkan perubahan suhu yang sangat drastis sehingga korban akan merasa kedinginan.Infeksi akibat luka bakar yang terkena infeksi dari bakteri atau virus yang berasal dari lingkungan secara langsung.Kehilangan kesadaran akibat korban mengalami syok, tidak kuat menahan rasa sakit, kekurangan oksigen dan kondisi luka bakar yang sangat serius.

Perawatan Luka Bakar Lanjutan

Ketika korban telah mendapatkan perawatan secara medis, maka ada beberapa hal yang disarankan untuk merawat luka bakar lanjutan, seperti berikut ini:

Korban sebaiknya banyak beristirahat agar kondisi tubuh stabil, tidak mudah terkena infeksi dan bisa pulih lebih cepat.Harus minum obat yang telah diresepkan oleh dokter seperti antibiotik untuk mengurangi infeksi.Jika bisa maka daerah luka bakar sebaiknya tidak terlalu banyak bergerak agar luka tidak menjadi lebih parah dan menyebabkan masalah pada syaraf di bawah kulit.Luka bakar harus bersih dan kering sehingga lindungi luka bakar dari air atau udara yang lembab.Untuk luka bakar akibat terkena bahan kimia harus mendapatkan perawatan serius dari medis agar tidak terkena resiko komplikasi lanjutan.

Cara Mencegah Luka Bakar

Luka bakar tidak hanya meninggalkan bekas pada bagian kulit tapi juga perasaan trauma. Langkah untuk mencegah luka bakar sangat berhubungan dengan cara mencegah kebakaran itu sendiri. Berikut ini adalah tips untuk mencegah agar tidak terkena luka bakar terutama di dalam rumah.

Jika Anda menggunakan bahan kimia yang bersifat keras atau mudah terbakar, maka gunakan pelindung seperti kaus tangan dan lakukan secara hati-hati.Atur semua kabel atau perangkat yang berhubungan dengan listrik di tempat yang aman dan tidak mudah dijangkau oleh anak-anak atau bayi.Letakkan korek api atau bahan lain dengan gas agar tidak mudah digunakan oleh anak-anak.Jika Anda menyalakan lilin, kompor gas atau sumber api lain, maka pastikan diawasi dan jangan pernah meninggalkan rumah ketika beberapa benda tersebut masih menyala.Jangan meninggalkan obat nyamuk bakar di atas tempat tidur karena bisa sangat berbahaya.Jika Anda merokok di dalam rumah maka gunakan tempat khusus untuk mematikan rokok seperti asbak atau lebih baik untuk tidak merokok sama sekali. (Baca : bahaya merokok)Berikan pintu khusus untuk dapur agar anak-anak tidak bisa menjangkau kompor dan beberapa bahan yang mudah terbakar.Jika Anda menggunakan microwave maka harus dilakukan secara hati-hati, seperti jangan memasukkan bahan makanan dalam kaleng, bahan makanan yang mudah terbakar dan jangan meninggalkan rumah ketika microwave ada di dalam rumah.Matikan semua perlengkapan listrik atau perlengkapan elektronik ketika meninggalkan rumah.Jika Anda menggunakan perlengkapan memasak yang panas, maka gunakan pelindung tangan ketika akan mengangkat dari atas kompor.

Luka bakar ringan memang bisa disembuhkan dan tidak meninggalkan bekas. Namun luka bakar pada tahap yang lebih parah bisa menyebabkan bekas luka dan terkadang membutuhkan operasi cangkok kulit. Mengingat bahaya yang sangat besar ini maka lindungi keluarga Anda dari terkena luka  bakar.

Reaksi Anda

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah menghubungi kami

Total Pengunjung

Pengunjung Aktip



SERVER 613 Live Traffic Stats SERVER 246

YouTube Channel

FanPage Facebook

Kriteria Anda sukai dari surVive GIEZAG

Adventure Herbal Tradisi Kuliner Wisata

Pelayanan surVive GIEZAG

Harga estimasi Website
• Rp 17.246.085 •
Diberdayakan oleh Blogger.
Silahkan rubah warna latar Web Kami sesuai keinginan Anda
MASUK ►►Wellcome to Sure my Live General Intelegency Zap Action Generation (SURVIVE GIEZAG) ~~ Extreme Adventure Service Team~~ Absolut Human Being ~~ Future Imagination Virtual Reality~~Team Penelusur tradisi, keindahan serta keunikan alam & kegiatan extreme

Testimonial

Makasih ya. Seru banget
Tina - Jakarta

Pantai Madasari indah, unik
Irgi - Medan

Outbond & Fun games nya Seru
Anis - Bandung

Thanks kang Sandi antar kami ke puncak Gn.Ciremai
David - Jakarta

Pantai Karapyak Pangandaran enjoy, seru banget
Shela - Bandung

Santirah Pangandaran SERU....
Sinta - Garut

Camping Ipukan Enjoy banget
Vina - Jakarta

Kampung Badud & Jembatan pelangi Pangandaran Unik
Indra - Tasikmalaya

Jojogan / Wonderhill Pangandaran punya Mantap
Pupung - Magelang

Pepedan Hill Indah & Mantap
Deni - Sumedang

Pantai Batuhiu mantap...
Shella - Semarang

Haturnuhun Kang Ali Gn.Salamet seru lho
Nadia - Bandung

Puas deh adventure disini,thanks lo!
Anita - Bandung

Mind managementnya mantap!
Tiara - Bandung

Gn.Semeru mantap, Thanks gan!
Matius Sinaga - Lampung

Gn.Ciremai seru banget
Ridwan - Bekasi

Pokonya seru, Amazing gmana?!
Susi - Cimahi

Thanks Gn.Ciremai mantap
Rian - Surabaya

Thanks!Green canyon Amazing
William - Singapore

TRIms Team surVive atas panduan wisata Kabupaten Pangandaran
Jacky - Depok

Haturnuhun kang Arief, Citumang seru!
Risna - Garut

TRIms surVive GIEZAG telah menemani kami ke Gn.Semeru. Salam lestari!
Tapak Adventure Club - Bandung Barat

Thanks!
Michael - Sydney

Thanks Bodyrafting Green canyon, extreme, enjoy dan seru
Santoso - Kudus

Seru banget Pantai Batukaras!
Sudrajat - Kuningan

エキサイティングなツアー。ありがとう Arief Pangandaran
Nakata-Osaka Japan

Amazing palace
Hiromi - Fukusima Japan

Demo Panjat Tebing

Demo Selancar

Demo Terbang Layang

Terpopuler Minggu ini

INFUT BUKU TAMU & DATA BOOKING
Masukan pilihan Anda sesuai keinginan
Di Data Base BOOKING surVive GIEZAG
KONFIRMASI NO TIKET MASUK & KODE INVOICE
No Tiket
ID Reg
Masukan kode konfirmasi yang telah Kami kirim kepada animasi-bergerak-surat-0284 Anda. Berlaku 30 menit setelah daftar Buku Tamu

[Tutup]