Kamis, 20 Juli 2017

Repling ( rappeling ) dan Prusiking adalah dua kegiatan yang sudah biasa dilakukan oleh penggiat alam sepertipramukaamuka atau pencita alam, apalagi panjat tebing. Meskipun tidak selalu digunakan dalam pemanjatan, repling dan prusiking tepatlah menjadi salah satu materi dasar dalam panjat tebing karena kegiatan repling dan prusiking hanya bisa dilakukan apabila ada ketinggian atau kecuraman dan tali tanpa itu kita tidak bisa melakukan rapling dan prusiking.




Teknik Repling yang Aman

Rappeling atau biasa di baca repling ini bukan lagi sebuah kegiatan baru, hampir setiap penggiat alam seperti pramuka, panjat tebing, atau klub klub pala lainnya. sehingga membuat kegiatan rappeling ini menjadi salah satu kegiatan yang seru dan menantang. Repling adalah salah satu kegiatan menuruni ketinggian dengan media tali kernmatle ( biasa disebut tali karmantel ) dari atas ke bawah. Dalam Panjat Tebing, Repling masuk ke dalam materi Descending yakni kegiatan turun atau menuruni tali.

Repling biasa dilakukan ketika kita menuruni tebing yang curam atau tebing yang hampir tidak ada pijakannya. lalu bagaimana kalau ada pijakannya ? ya tentu tinggal jalan saja dan menggunakan kernmatle ( karmantel ) dan figure of eight sebagai pengaman.

baca juga Jenis dan Teknik Panjat Tebing

Untuk melakukan kegiatan repling yang aman kita perlu peralatan khusus diantaranya :

Tali Karmantel

Tali ini kita gunakan untuk pengaman ketika kita naik atau turun dari tebing atau pemanjatan di media lain.

Figure of Eight

Figure of eight atau figure delapan kita gunakan sebagai alat pengerem saat kita melakukan repling sehingga kita tidak terjun bebas dari ketinggian.

Carabiner

Carabiner atau cincin kait yang kita gunakan sebagai penghubung tubuh kita dengan figure of eight. adapun jenis Carabiner yang kita gunakan adalah carabiner SGD (Screw Gate Delta) atau carabiner delta dengan pengancing screw.



Webbing

Webbing atau tali jiwa adalah salah satu alat panjat yang kita gunakan sebagai pengaman tubuh dimana webbing ini kita buat menjadi harness.

Helm

Helm atau helm panjat kita gunakan untuk melindungi kepala kita dari benda yang jatuh dari atas kepala seperti batu atau kayu.



Sarung Tangan.

Sarung tangan ini kita gunakan untuk melindungi tangan kita saat menggenggam tali karmantel sebagai kendali kecepatan saat turun.

Setidaknya ke enam alat di atas sudah membantu kita dalam meningkatkan keamanan dalam melakukan kegiatan repling. adapun alat-alat lain yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan keamanan dalam melakukan kegiatan repling ini seperti Auto Stop, Grigri, Sit Harness.

Auto Stop

adalah alat descender pengganti figure of eight dengan sistem kerja seperti rem tangan tapi terbalik. ketika auto stop di tekan kita justru akan melaju turun namun jika dilepas kita akan berhenti.



Grigri

Grigri juga merupakan alat descender pengganti figure of eight namun lebih sering digunakan untuk mem-belay pemanjat.


Sit Harness

Sit Harness adalah alat yang seharusnya digunakan karena tingkat keamanan dan kenyamanannya jika dibandingkan dengan Webbing yang dibuat menjadi sit harness.



Ketiga alat di atas adalah alat yang direkomendasikan untuk digunakan meningkatkan keamanan dalam kegiatan descending dalam hal ini repling.

Tips Keamanan Tambahan dalam kegiatan repling.

Hindari kebiasanan meloncat-loncat ketika sedang menuruni tebing kecuali benar-benar dalam kondisi terdesak karena bisa berakibat fatal pada alat seperti terjadinya friksi dan rusaknya pengaman bagian atas.

Pastikan ujung tali bagian bawa dipegang oleh Belayer, jika tidak pastikan ujung tali karmantel (bagian bawah) di simpul agar kita jatuh karena kehabisan tali.

Teknik Prusiking yang Aman.

Prusiking adalah kegiatan menaiki tali dari bawah keatas menggunakan sebuah prusik. mungkin beberapa dari kalian mengira prusik adalah nama dari sebuah alat yang disebut tali prusik dan ternyata bukan. Prusik merupakan nama sebuahsimpul tali yang digunakan untuk menjerat tali karmantel ketika dibebani tanpa merusak karmantel selain itu simpul prusik juga mudah untuk dilepas. sedang tali yang kita gunakan untuk simpul prusik adalah sling karmantel atau potongan karmantel.

Prusiking masuk dalam materi panjat dalam bab Ascending yaitu kegiatan menaiki tali. sama seperti halnya repling, prusiking digunakan ketika tebing yang kita panjat hampir tidak memiliki pijakan atau menaiki jembatan dengan tali.

Baca Juga Alat Panjat Tebing


Dalam meningkatkan keamanan dalam berkegiatan prusiking alat yang kita pergunakan tidaklah jauh berbeda dari repling, seperti tali karmantel, webbing atau sit harness, sarung tangan, helm, dan carabiner. namun ada alat khusus yang disebut alat Ascender yang salah satunya adalah sling karmantel (dengan simpul prusiknya).

Ciri alat Ascender adalah mengunci atau menjerat tali ketika dibebani dan dapat dikendorkan ketika digunakan untuk naik. alat Ascender yang direkomendasikan dalam kegiatan Ascending adalah

Jumar

Jumar adalah alat ascending yang cukup mudah digunakkan cukup didorong keatas secara bergantian kiri dan kanan sampai di atas.



Shunt

Sama sepertihalnya Jumar, Shunt juga merupakan alat ascending yang cukup mudah digunakan cukup mendorong ke atas.

Sumber : shunt magetan.com

Reaksi Anda

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah menghubungi kami

Total Pengunjung

Pengunjung Aktip


Arsip Video

Sedang Proses...
Harga estimasi Website
• Rp 17.246.085 •
Diberdayakan oleh Blogger.
Silahkan rubah warna latar Web Kami sesuai keinginan Anda
MASUK ►►Wellcome to Sure my Live General Intelegency Zap Action Generation (SURVIVE GIEZAG) ~~ Extreme Adventure Service Team~~ Absolut Human Being ~~ Future Imagination Virtual Reality~~Team Penelusur tradisi, keindahan serta keunikan alam & kegiatan extreme

Demo Panjat Tebing

Demo Selancar

Demo Terbang Layang

Tombol Suka Pengunjung

Pengikut

Testimonial

Makasih ya. Seru banget
Tina - Jakarta

Pantai Madasari indah, unik
Irgi - Medan

Outbond & Fun games nya Seru
Anis - Bandung

Thanks kang Sandi antar kami ke puncak Gn.Ciremai
David - Jakarta

Pantai Karapyak Pangandaran enjoy, seru banget
Shela - Bandung

Santirah Pangandaran SERU....
Sinta - Garut

Camping Ipukan Enjoy banget
Vina - Jakarta

Kampung Badud & Jembatan pelangi Pangandaran Unik
Indra - Tasikmalaya

Jojogan / Wonderhill Pangandaran punya Mantap
Pupung - Magelang

Pepedan Hill Indah & Mantap
Deni - Sumedang

Pantai Batuhiu mantap...
Shella - Semarang

Haturnuhun Kang Ali Gn.Salamet seru lho
Nadia - Bandung

Puas deh adventure disini,thanks lo!
Anita - Bandung

Mind managementnya mantap!
Tiara - Bandung

Gn.Semeru mantap, Thanks gan!
Matius Sinaga - Lampung

Gn.Ciremai seru banget
Ridwan - Bekasi

Pokonya seru, Amazing gmana?!
Susi - Cimahi

Thanks Gn.Ciremai mantap
Rian - Surabaya

Thanks!Green canyon Amazing
William - Singapore

TRIms Team surVive atas panduan wisata Kabupaten Pangandaran
Jacky - Depok

Haturnuhun kang Arief, Citumang seru!
Risna - Garut

TRIms surVive GIEZAG telah menemani kami ke Gn.Semeru. Salam lestari!
Tapak Adventure Club - Bandung Barat

Thanks!
Michael - Sydney

Thanks Bodyrafting Green canyon, extreme, enjoy dan seru
Santoso - Kudus

Seru banget Pantai Batukaras!
Sudrajat - Kuningan

エキサイティングなツアー。ありがとう Arief Pangandaran
Nakata-Osaka Japan

Kriteria Anda sukai dari surVive GIEZAG

Adventure Herbal Tradisi Kuliner Wisata

Pelayanan surVive GIEZAG

Terpopuler Minggu ini

INFUT DATA BOOKING
Masukan pilihan Anda sesuai keinginan
Di Data Base BOOKING surVive GIEZAG
KONFIRMASI KODE INVOICE
Invoice
ID Reg
Masukan kode konfirmasi yang telah Kami kirim kepada animasi-bergerak-surat-0284 Anda.

[Tutup]