Minggu, 19 Februari 2017

Keracunan makanan – Merupakan kondisi sakit yang di sebabkan adanya penyakit yang berasal atau dihasilkan dari konsumsi makanan yang tercemar oleh beberapa zat berbahaya. Zat berbahaya tersebut antara lain seperti patogen bakteri, virus, atau parasit yang mencemari makanan, dan juga kimia atau racun alami seperti jamur. Secara umum keracunan makanan dapat disebabkan oleh banyak hal antara lain mengonsumsi makanan yang telah kadaluarsa, makanan mentah, makanan yang mengandung jamur dan lain-lain.

Cara Cepat Mengatasi Keracunan Makanan

 

Gejala keracunan

Pada dasarnya gejala-gejala keracunan makanan merupakan efek dari keracunan makanan itu sendiri. Dampak keracunan bisa dirasakan secara langsung oleh tubuh, atau terakumulasi dalam tubuh. Gejala atau tanda-tanda keracunan makanan diantaranya yaitu sakit perut, diare, kram di perut, mual dan muntah, sakit kepala, terasa pusing di sertai demam dan dehidrasi, ciri-ciri keracunan makanan ini berkisar antara ringan hingga parah.

Cara Mengatasi Keracunan

Dampak secara langsung akibat keracunan dapat di rasakan langsung oleh tubuh dan terjadi begitu cepat, dan hal ini membutuhkan penanganan yang cepat pula. Sedangkan dampak yang terakumulasi biasanya baru bisa dirasakan setelah beberapa waktu tergantung seberapa berat kadar zat racunnya.

Lalu apa saja langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya ? 

Berikut beberapa tips dan Cara Cepat Mengatasi Keracunan Makanan :

   01. Minum Air Putih

Cara Cepat Mengatasi Keracunan Makanan

Cara yang pertama adalah dengan minum air putih, dengan minum air putih dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan toksin dalam tubuh serta dapat mengurangi rasa mual. Penderita keracunan sangat dianjurkan untuk mengonsumsi air putih segera, karena air putih dapat meringankan kondisi akibat keracunan serta dapat memberikan tenaga bagi tubuh.

02.  Madu

Cara Cepat Mengatasi Keracunan Makanan

Madu mempunyai banyak manfaat dan kandunagan zat penting bagi tubuh salah satunya adalah sifat anti bakteri dan anti jamur. Madu mempunyai sifat anti bakteri dan juga anti jamur yang sangat efektif untuk pengobatan keracunan makanan. Dengan satu sendok makan madu murni sebanyak tiga kali sehari dapat mengobati sakit perut yang disebabkan keracunan makanan ataupun ganngguan pencernaan.

   03.  Jahe

Cara Cepat Mengatasi Keracunan Makanan

Seperti halnya madu, Jahe mempunyai banyak kandungan zat penting dan sangat efektif untuk menyembuhkan beberapa penyakit termasuk masalah pencernaan khususnya keracunan makanan. Rebus setengah sampai 1 sendok makan jahe yang telah diparut bersama satu gelas air dan tambahkan sedikit gula atau madu. Minumlah hasil rebusan air jahe setelah makan siang atau makan malam untuk menghentikan mual dan gejala keracunan makanan lainnya.

   04. Oralit

Cara Cepat Mengatasi Keracunan Makanan

Jika penderita keracunan timbul efek diare maka bisa anda berikan Oralit. Oralit berfungsi menggantikan glukosa, garam, dan mineral penting lain yang hilang akibat muntah dan diare. Untuk beberapa saat, ada baiknya Anda menghindari makanan biasa hingga merasa lebih baik. Anda bisa mengonsumsi makanan yang mudah dicerna seperti bubur.

   05. Air Kelapa Hijau

Cara Cepat Mengatasi Keracunan Makanan

Air kelapa selain mengandung berbagai ion yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, juga memiliki kemampuan untuk menawarkan racun yang masuk ke dalam tubuh. Air kelapa ini juga umum di gunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti: panas dalam, demam, kekurangan cairan, dan lain-lain.

   06. Jeruk Lemon

Cara Cepat Mengatasi Keracunan Makanan

Jeruk lemon mengandung zat asam yang efektif untuk membunuh bakteri jahat di dalam perut anda. Kandungan zat asam ini bisa membantu menyembuhkan keracunan terutama pada kasus keracunan makanan yang ada bakterinya. Campurkan perasan jeruk lemon tersebut dalam minuman anda dan minum secukupnya.

   07. Teh Hitam

Cara Cepat Mengatasi Keracunan Makanan

Teh hitam mempunyai kandungan asam tannic yang sangat efektif untuk mengatasi keracunan makanan. Minumlah teh hitam hangat saat perut anda merasa sakit karena akibat dari keracunan makanan.

   08. Konsumsi Buah

Cara Cepat Mengatasi Keracunan Makanan

Beberapa jenis buah bisa anda gunakan untuk membantu mengatasi keracunan makanan, terutama buah yang mempunyai kandungan enzim seperti pada buah apel dan pisang.  Kandungan emzim pada buah pisang dan apel dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab terjadinya keracunan makanan. Buah apel dan pisang juga dapat membantu mengurangi sakit perut dan pemulihan karena diare.

Itu beberapa tips dan Cara Cepat Mengatasi Keracunan Makanan, bila anda sudah melakukan cara-cara di atas tapi gejala keracunan tidak kunjung membaik maka segeralah pergi ke klinik atau ke dokter. Hal ini untuk mendeteksi gejala penyakit lain dan penanganan lebih lanjut secara medis.


Referensi www.cegahsakit.com

Reaksi Anda

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah menghubungi kami

Total Pengunjung

Pengunjung Aktip


Arsip Video

Sedang Proses...
Harga estimasi Website
• Rp 17.246.085 •
Diberdayakan oleh Blogger.
Silahkan rubah warna latar Web Kami sesuai keinginan Anda
MASUK ►►Wellcome to Sure my Live General Intelegency Zap Action Generation (SURVIVE GIEZAG) ~~ Extreme Adventure Service Team~~ Absolut Human Being ~~ Future Imagination Virtual Reality~~Team Penelusur tradisi, keindahan serta keunikan alam & kegiatan extreme

Demo Panjat Tebing

Demo Selancar

Demo Terbang Layang

Tombol Suka Pengunjung

Pengikut

Testimonial

Makasih ya. Seru banget
Tina - Jakarta

Pantai Madasari indah, unik
Irgi - Medan

Outbond & Fun games nya Seru
Anis - Bandung

Thanks kang Sandi antar kami ke puncak Gn.Ciremai
David - Jakarta

Pantai Karapyak Pangandaran enjoy, seru banget
Shela - Bandung

Santirah Pangandaran SERU....
Sinta - Garut

Camping Ipukan Enjoy banget
Vina - Jakarta

Kampung Badud & Jembatan pelangi Pangandaran Unik
Indra - Tasikmalaya

Jojogan / Wonderhill Pangandaran punya Mantap
Pupung - Magelang

Pepedan Hill Indah & Mantap
Deni - Sumedang

Pantai Batuhiu mantap...
Shella - Semarang

Haturnuhun Kang Ali Gn.Salamet seru lho
Nadia - Bandung

Puas deh adventure disini,thanks lo!
Anita - Bandung

Mind managementnya mantap!
Tiara - Bandung

Gn.Semeru mantap, Thanks gan!
Matius Sinaga - Lampung

Gn.Ciremai seru banget
Ridwan - Bekasi

Pokonya seru, Amazing gmana?!
Susi - Cimahi

Thanks Gn.Ciremai mantap
Rian - Surabaya

Thanks!Green canyon Amazing
William - Singapore

TRIms Team surVive atas panduan wisata Kabupaten Pangandaran
Jacky - Depok

Haturnuhun kang Arief, Citumang seru!
Risna - Garut

TRIms surVive GIEZAG telah menemani kami ke Gn.Semeru. Salam lestari!
Tapak Adventure Club - Bandung Barat

Thanks!
Michael - Sydney

Thanks Bodyrafting Green canyon, extreme, enjoy dan seru
Santoso - Kudus

Seru banget Pantai Batukaras!
Sudrajat - Kuningan

エキサイティングなツアー。ありがとう Arief Pangandaran
Nakata-Osaka Japan

Kriteria Anda sukai dari surVive GIEZAG

Adventure Herbal Tradisi Kuliner Wisata

Pelayanan surVive GIEZAG

Terpopuler Minggu ini

INFUT DATA BOOKING
Masukan pilihan Anda sesuai keinginan
Di Data Base BOOKING surVive GIEZAG
KONFIRMASI KODE INVOICE
Invoice
ID Reg
Masukan kode konfirmasi yang telah Kami kirim kepada animasi-bergerak-surat-0284 Anda.

[Tutup]