Jumat, 25 November 2016


Dalam kondisi suatu bencana alam, seperti Tsunami Aceh, Gempa Bumi, gunung Merapi meletus bisa dibilang pada saat itu Tim penanggulangan bencana harus turun secepatnya untuk penggulangan. dalam sebuah penanggulangan bencana dibutukan sebuah koordinasi yang baik dalam sebuah Tim. namun hal itu agaknya sedikit sulit jika pada kondisi bencana alam, contoh saja tsunami aceh, semua Komunikasi komersil dinyatakan down (GSM,CDMA,Telp Kabel), padahal kita sering memanfaatkan alat komunikasi tersebut dalam keseharian kita beraktifitas. jika alat komunikasi tersebut down dikarenakan server-server yg menghubungkan rusak akibat terjangan bencana alam tersebut maka dalam tim penangulangan darurat bencana harus mampu mencari suatu komunikasi efektif dalam penanganannya. sebab mereka pada kondisi ini tidak didukung kecanggihan alat komunikasi komersial yg biasa dipakai. seperti handphone, telp, internet dll.

dalam ulasan ini saya selaku penulis akan menyampaikan ulasan mengenai cara dan alat-alat komunikasi yg paling efektif pada kondisi yang dijelaskan pada paragraf pertama diatas. adapaun cara dalam komunikasi pada kondisi darurat bencana antara lain:

1. Komunikai Isyarat atau Tanda

sering kita lihat di TV atau di bioskop dalam film-film kerajaan-kerajaan dulu saat perperang dan mengkoordisanikan pasukan dari jarak jauh mereka membuat sebuah tanda. mungkin bs sbuah asap, bendera, teriakan, suara-suara,dll. dalam hal ini kita bisa sedikit meniru cara tersebut. sebagai contoh saat kita sedang melakukan pencarian korban dalam suatu lokasi luas. anggota dibagi dalam tim tim kecil dan digerakkan menyebar untuk mencari korban, jika salah satu tim menemukan korban mereka mungkin bs memberi tanda dengan mungkin meluncurkan kembang api keatas langit dengan warna kuning, lalu jika ada tim yang membutuhkan backup mereka meluncurkan kembang api berwarna merah. 

kelebihan dan kekurangan:

kelebihan : 

alat mudah ditemukan dan biaya murah dalam membuat komunikasi isyarat, 

kekurangan :

 tidak bisa menerima detail akan informasi yang disampaikan karena hanya tanda saja, contoh tim mengirim tanda bahaya, saat tim backup meluncur mereka tidak tahu detailnya bahaya yg dihadapi tim yg mereka datangi, apakah tim tersebut ada yg cidera, apakah ada yg jatuh kejurang atau yg lain.

jarak komunikasi tidak bs jarak yg jauh hanya bisa dibilang jarak midle. tidak mungkin mata manusia mampu melihat kembang api tanda titempat yg sangat jauh, sulit sekali dan riskn info tidak bisa tersampaikan.

2.Komunikasi Radio Komunikasi


kita sering menyebut kata Handy talkie, walkie talkie, RIG alat-alat itulah yg disebut Radio komunikasi. alat komunikasi ini punya sebuah kelebihan tersendiri yaitu alat ini tetap bisa bekerja walau tanpa harus terhubung dengan sebuah server(dalam radio komunikasi desebut repeater/relay), sehingga bisa kita sebut bahwa alat ini adalah alat komunikasi "independen". sifatnya yang "independen" ini lah yang membuat alat ini istimewa dalam digunakan berkomunikasi. namun tetap saja alat ini tidak mungkin mempunyai kekurangan, radio komunikasi adalah sebuah alat elektronik. dimana semua alat elektronik sangat membutuhkan sebuat catu daya listrik yg continue untuk membuat alat ini terus dapat bekerja. permasalahan yang timbul adalah dimana saat kondisi bencana terkadang sumber listrik susah dicari. namun jangan berkecilhati, selalu ada solusi. pengembangan teknologi sudah menunjukan taringnya. penemuan bateray tipe lithium membuat kita bisa bernafas lega tentang asupan catu daya batre untuk Handy talkie/walkie talkie. batre lithium punya kelebihan bentuk yg kecil ringan dan punya tampungan daya lebih besar jika dibanding batre yg lama(NI-Mh dan NI-Cd). sehingga handy talkie dan walkie talkie dapat menyala lebih lama dr biasanya. namun dalam kondisi dilapangan sebuah alat komunikasi handhelf(HT/WT) tetap disarankan memiliki bateray case(wadah baterai) yang bs diisi batre AA/AAA yang bisa dibeli diwarung-warung biasa sebagai cadangan jika batre utama habis. ada juga solusi lain untuk sumber catu daya radio komunikasi, seperti "solar cell" adalah alat yg mampu menghasilkan listrik dari tangkapan pancaran sinar matahari, hal ini sangatlah bagus dikarenakan matahri adalah sumber energi yg mudah didapat dan bs dikonfersi menjadi listrik dapat digunakan sebagai carging untuk radio komunikasi handhelf(HT/WT) atau sebagai power suplay unt radio komunikasi base(RIG).

kelemahan selanjutnya adalah medan yang yang tidak mendukung untuk pancaran radio komunikasi bisa terhubung jika bekerja secara independen saja. sistem kerja radio komunikasi adalah dengan pancaran radio. pancaran radio akan hilang atau tepantul jika mengenai benda2 padat tebing, gedung, pohon dll. seperti sobat-sobat KSG-Social Adventure Club tau dalam operasi pencarian korban gua kiskendo yang hanyut kemarin beberapa hari lalu, korban hanyut sampai keluar gua dan hanyut ke sungai, Tim SRU dari KSG-Social Adventure Club berhasil menemukan salah satu dari dua korban. terjadi kebingungan karena korban terjepit batu dan sulit dikeluarkan ditambah arus nanderas membuat semakin sulitnya proses evakuasi oleh SRU kita. namun sewaktu kita memanfaatkan handy talkie kita untuk memanggil backup dari induk kita tidak bisa terhubung, hal tersebut tidak dikarenakan induk cuek atau tidak merespone, melainkan sinyal radio yang dipancarkan tidak mampu menembus kedua bukit yg menghimpit TKP. walaupun dengan sekuat tenaga SRU kita mampu mengevakuasi jenasah, namun hal tersebut bisa menjadi evaluasi bersama dan pembelajaran bersama bahwa radio komunikasi memang sukar jika kita gunakan pada medan yang terhalang bukit atau gunung. cara mengatasi hal tersebut ada beberapa cara, cara yang pertama adalah mencari tempat setinggi2 nya agar bisa mendapat clear view kearah lawan komunikasi yang kita tuju supaya pancaran bs ditangkap lawan. cara yang kedua adalah pemasangan sebuah server atau dalam radio komunikasi disebut repeater/ relay dengan alat ini kita bisa terhubung dengan lebih mudah kepada lawan pada jarak jauh pada area range repeater.


3. Telepon Satelit

tentunya anda pernah mendengar sebuah alat komunikasi canggih dan modern dengan nama "telp satelit". alat ini sangat efekti f digunakan dimanapuan asal kita masih bisa melihat langit. alat ini punya sistem komunikasi yang terserver pada satelit yang ada diluar angkasa sana. karena server berada diposisi sangat tinggi tidak usah dikuatirkan untuk kemampuan komunikasinya. dan karena server tersebut tidak berada di lokasi bencana maka akan tetap bisa digunakan walau pada daerah bencana, tidak seperti telp seluler biasa bila tiang pancar sinyal ambruk karena bencana rubuh maka hancurlah koneksinya.

namun alat ini dalam penggunaan kita punya sedikit kendala. terutama masalah dana, harga sebuah telp satelit berada dikisaran 10-20jt, wow... dan masih memerlukan pembayaran pulsa saat kita berkomunikasi. tidak  seperti radio komunikasi yg bebas pulsa. namun kelebihannya kita dapat berkomunikasi sangat jauh sekalipun kita pada daerah bencana untuk melaporkan semua yg terjadi.

Reaksi Anda

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah menghubungi kami

Total Pengunjung

Pengunjung Aktip



SERVER 613 Live Traffic Stats SERVER 246

YouTube Channel

FanPage Facebook

Kriteria Anda sukai dari surVive GIEZAG

Adventure Herbal Tradisi Kuliner Wisata

Pelayanan surVive GIEZAG

Harga estimasi Website
• Rp 17.246.085 •
Diberdayakan oleh Blogger.
Silahkan rubah warna latar Web Kami sesuai keinginan Anda
MASUK ►►Wellcome to Sure my Live General Intelegency Zap Action Generation (SURVIVE GIEZAG) ~~ Extreme Adventure Service Team~~ Absolut Human Being ~~ Future Imagination Virtual Reality~~Team Penelusur tradisi, keindahan serta keunikan alam & kegiatan extreme

Testimonial

Makasih ya. Seru banget
Tina - Jakarta

Pantai Madasari indah, unik
Irgi - Medan

Outbond & Fun games nya Seru
Anis - Bandung

Thanks kang Sandi antar kami ke puncak Gn.Ciremai
David - Jakarta

Pantai Karapyak Pangandaran enjoy, seru banget
Shela - Bandung

Santirah Pangandaran SERU....
Sinta - Garut

Camping Ipukan Enjoy banget
Vina - Jakarta

Kampung Badud & Jembatan pelangi Pangandaran Unik
Indra - Tasikmalaya

Jojogan / Wonderhill Pangandaran punya Mantap
Pupung - Magelang

Pepedan Hill Indah & Mantap
Deni - Sumedang

Pantai Batuhiu mantap...
Shella - Semarang

Haturnuhun Kang Ali Gn.Salamet seru lho
Nadia - Bandung

Puas deh adventure disini,thanks lo!
Anita - Bandung

Mind managementnya mantap!
Tiara - Bandung

Gn.Semeru mantap, Thanks gan!
Matius Sinaga - Lampung

Gn.Ciremai seru banget
Ridwan - Bekasi

Pokonya seru, Amazing gmana?!
Susi - Cimahi

Thanks Gn.Ciremai mantap
Rian - Surabaya

Thanks!Green canyon Amazing
William - Singapore

TRIms Team surVive atas panduan wisata Kabupaten Pangandaran
Jacky - Depok

Haturnuhun kang Arief, Citumang seru!
Risna - Garut

TRIms surVive GIEZAG telah menemani kami ke Gn.Semeru. Salam lestari!
Tapak Adventure Club - Bandung Barat

Thanks!
Michael - Sydney

Thanks Bodyrafting Green canyon, extreme, enjoy dan seru
Santoso - Kudus

Seru banget Pantai Batukaras!
Sudrajat - Kuningan

エキサイティングなツアー。ありがとう Arief Pangandaran
Nakata-Osaka Japan

Amazing palace
Hiromi - Fukusima Japan

Demo Panjat Tebing

Demo Selancar

Demo Terbang Layang

Terpopuler Minggu ini

INFUT BUKU TAMU & DATA BOOKING
Masukan pilihan Anda sesuai keinginan
Di Data Base BOOKING surVive GIEZAG
KONFIRMASI NO TIKET MASUK & KODE INVOICE
No Tiket
ID Reg
Masukan kode konfirmasi yang telah Kami kirim kepada animasi-bergerak-surat-0284 Anda. Berlaku 30 menit setelah daftar Buku Tamu

[Tutup]