Rabu, 23 November 2016

Ciplukan atau yang mempunyai nama latin Physalis angula ini merupakan salah satu tanaman herbal yang tumbuhnya musiman atau tumbuhan semak semusim. Tumbuhan ini biasanya akan kita temukan dipinggiran rumah, pinggiran selokan, tanah-tanah kosong yang tidak terlalau becek, di ladang, kebun, pinggiran sungai lereng tebing sungai dan pesawahan yang sudah dipanen.

Advertisement

Mungkin untuk orang pedesaan tumbuhan yang satu ini tidak akan asing lagi ditelinganya, karena hampir dilingkungan pedesaan terdapat tanaman ini. Bahkan tumbuhan ini dianggap sebagai tumbuhan liar sejenis rumput yang mengganggu tanaman palawija. Sebab umunya tumbuhan ciplukan ini tumbuh subur ketika petani mengganti tanaman padi dengan palawija.

Ciplukan ini mempunyai nama tersendiri di daerah-daerahnya seperti keceplokan, ciciplukan (Jawa), cecendet, cecendetan, cecenet (Sunda), nyornyoran, yoryoran (Madura), leletep (sebagian Sumatra), kopok-kopokan, kaceplokan, angket (Bali), leletokan (Minahasa), katobo (Bima), kenapaok, dedes (Sasak), lapunonat (Tanimbar, Seram) dan masih banyak lagi.

Kebanyakan orang hanya menggunakan tumbuhan ciplukan hanya untuk pakan kambing, atau buah yang sudah matangnya diambil dan dimakan oleh anak-anak. Berbeda dengan di Negara lain seperti di Australia dan Selandia Baru, disanah tumbuhan ciplukan ini dibudidayakan untuk obat dan di Ekspor ke Eropa.

Kini nama ciplukan sangat dikenal berkat khasiat dan manfaatnya yang dapat mengobati berbagai penyakit. dari beberapa penelitian yang pernah dilakukan mengungkapkan bahwa tumbuhan ciplukan ini terbukti memiliki banyak kandungan yang berkhasiat untuk kesehatan tuuh, diantara kandungannya yaitu saponin, (pada tunas), plavonoid (pada daun dan tunas), withangulatin A (pada buah), polifenol, fisalin dan tanin (pada akar), asam palminat dan stearat, elaidik acid (pada biji), alkaloid (akar), chlorogen acid, C27H44O-H2O (pada batang dan daun), tanin, kriptoxantin dan Vitamin C dan gula (pada Buah).

Dari kandungan yang terdapat pada buah ini membuktikan bahwa buah ciplikan memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh. dan tanaman ini juga tergolong multifungsi karena tidak hanya buahnya saja, melainkan semua bagian dari tanaman ini menyimpan manfaat yang luar biasa. Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat ciplukan bagi kesehatan.


Mengobati Kencing Manis (Diabetes)

Ambil pohon ciplukan yang sudah berbuah cabut sampai akarnya, kemudian cuci bersih, layukan kemudian setelah layu rebus dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa 1 gelas, saring dan minum 1 kali satu hari.

Mengobati Hipertensi

Ambilah 5 gram brangkas (herba kering) ciplukan kemudian rebus dengan air 110 mili selama kurang lebih 10-15 menit sambil sesekali diaduk. Kemudian saring samapai dingin. Air rebusan tadi diminum 2 kali sehari, pagi dan sore hari. Perhatian air rebusan yang sudah disimpan lebih dari 24 jam janganlah diminum karena itu sudah rusak.

Mengobati Bisul

Ambilah satu genggam daun ciplukan, satu sendok teh adas pulosari, 1 lembar daun sirih dan garam secukupnya. Kemudian campurkan semu bahan tadi sampai halus. Dan oleskanlah disekitar bisul. Dengan ramuan ini bisul akan cepat pecah dan kering.

Anda juga bisa menggunakan ara yang ini. Sediakan daun ciplukan sebanyak ½ genggam, kemudian bersihkan dan haluskan. Terakhir tempelkan pada sekitar bisul, lalau balut. Cara ini dilakukan 2 kali seharai. Jadi jika ramuan tadi sudah kering maka anda ganti  lagi dengan ramuan yang baru.

Mengobati Borok

Ambilah 1 genggam daun ciplukan dan 2 sendok teh air kapur sirih, kemudian tumbuk sampai halus, terakhir tempelkan kebagian yang sakit atau borok.

Mengobati Pembengkakan Prostat

Rebuslah 9-15 lembar daun ciplukan hingga mendidih, saring dan minumlah 2 kali sehari. Dan biala pembengkakan akut minum ramuan ini 3 kali sehari.

Mengobati Gusi Berdarah

Buah ciplukan kaya akan vitamin C , nah untuk menyembuhkan gusi berdarah ini caranya sangat mudah dengan memakan 30 buah ciplukan secara rutin setiap hari.

Mengobati Sakit Paru

Dengan merebus bunga, daun, batang dan akar ciplukan dengan 3-5 gelas air sampai mendidih. Kemudian saring dan minumlah 3 kali sehari sebanyak satu gelas.

Mengobati Bronchitis dan Influenza

Ambil 9-15 daun ciplukan dan rebus dengan air hingga mendidih, kemudian saring dan dinginkan. Minumlah ramuan ini 2 kali sehari.

Mengobati Penyakit Ayan

Caranya dengan memakan secara rutin buah ciplukan 8-10 butir setiap hari.

Mengobati Batuk Rejan

Rebuslah 9-15 daun ciplukan, kemudian rebus dengan air mendidih dan diamkan sampai dingin. Minumlah ramuan ini 2-3 kali sehari.

Dari cara pengolahannya tumbuhan ciplukan ini hampir sama dengan cara merebusnya terlebih dahulu. Khusus untuk buahnya, anda bisa memakannya langsung atau juga bisa dengan merebusnya. Dan harus anda ketahui ketika anda membuat ramuan jangan sampai dibiarkan semalaman atau lewat dari 24 jam, karena kandungannya akan rusak. Jadi percuma saja anda meminumnya.

Nah itulah Khasiat dan Manfaat Tumbuah Ciplukan bagi Kesehatan yang dapat kami sampaikan. Semoga dengan membaca artikel ini anda mendapat ilmu yang bermanfaat. Dan terimakasih atas kunjungan anda ke blog kami ini. Salam Sehat.

Reaksi Anda

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah menghubungi kami

Total Pengunjung

Pengunjung Aktip



SERVER 613 Live Traffic Stats SERVER 246

YouTube Channel

FanPage Facebook

Kriteria Anda sukai dari surVive GIEZAG

Adventure Herbal Tradisi Kuliner Wisata

Pelayanan surVive GIEZAG

Harga estimasi Website
• Rp 17.246.085 •
Diberdayakan oleh Blogger.
Silahkan rubah warna latar Web Kami sesuai keinginan Anda
MASUK ►►Wellcome to Sure my Live General Intelegency Zap Action Generation (SURVIVE GIEZAG) ~~ Extreme Adventure Service Team~~ Absolut Human Being ~~ Future Imagination Virtual Reality~~Team Penelusur tradisi, keindahan serta keunikan alam & kegiatan extreme

Testimonial

Makasih ya. Seru banget
Tina - Jakarta

Pantai Madasari indah, unik
Irgi - Medan

Outbond & Fun games nya Seru
Anis - Bandung

Thanks kang Sandi antar kami ke puncak Gn.Ciremai
David - Jakarta

Pantai Karapyak Pangandaran enjoy, seru banget
Shela - Bandung

Santirah Pangandaran SERU....
Sinta - Garut

Camping Ipukan Enjoy banget
Vina - Jakarta

Kampung Badud & Jembatan pelangi Pangandaran Unik
Indra - Tasikmalaya

Jojogan / Wonderhill Pangandaran punya Mantap
Pupung - Magelang

Pepedan Hill Indah & Mantap
Deni - Sumedang

Pantai Batuhiu mantap...
Shella - Semarang

Haturnuhun Kang Ali Gn.Salamet seru lho
Nadia - Bandung

Puas deh adventure disini,thanks lo!
Anita - Bandung

Mind managementnya mantap!
Tiara - Bandung

Gn.Semeru mantap, Thanks gan!
Matius Sinaga - Lampung

Gn.Ciremai seru banget
Ridwan - Bekasi

Pokonya seru, Amazing gmana?!
Susi - Cimahi

Thanks Gn.Ciremai mantap
Rian - Surabaya

Thanks!Green canyon Amazing
William - Singapore

TRIms Team surVive atas panduan wisata Kabupaten Pangandaran
Jacky - Depok

Haturnuhun kang Arief, Citumang seru!
Risna - Garut

TRIms surVive GIEZAG telah menemani kami ke Gn.Semeru. Salam lestari!
Tapak Adventure Club - Bandung Barat

Thanks!
Michael - Sydney

Thanks Bodyrafting Green canyon, extreme, enjoy dan seru
Santoso - Kudus

Seru banget Pantai Batukaras!
Sudrajat - Kuningan

エキサイティングなツアー。ありがとう Arief Pangandaran
Nakata-Osaka Japan

Amazing palace
Hiromi - Fukusima Japan

Demo Panjat Tebing

Demo Selancar

Demo Terbang Layang

Terpopuler Minggu ini

INFUT BUKU TAMU & DATA BOOKING
Masukan pilihan Anda sesuai keinginan
Di Data Base BOOKING surVive GIEZAG
KONFIRMASI NO TIKET MASUK & KODE INVOICE
No Tiket
ID Reg
Masukan kode konfirmasi yang telah Kami kirim kepada animasi-bergerak-surat-0284 Anda. Berlaku 30 menit setelah daftar Buku Tamu

[Tutup]