Kamis, 17 November 2016

Pendakian Gunung Ciremai via Linggarjati. Gunung Ciremai merupakan gunung berapi aktif berbentuk kerucut dengan tipe stato dengan kawah ganda di puncaknya. Kawasan Gunung Ciremai sudah menjadi Taman Nasionaldan dengan tinggi 3.078, Gunung Ciremai menjadi gunung tertinggi di Jawa Barat. Merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat, Gunung Ciremai menawarkan jalur pendakian yang cukup berat karena sulitnya air dan medan terjal di sepanjang jalur pendakian.

Gunung Ciremai

Secara administratif, Gunung Ciremai masuk di wilayah Kabupaten Kuningan, Cirebon dan Majalengka. Ada 4 jalur pendakian Gunung Ciremai:

Jalur pendakian via LinggarjatiJalur pendakian via PalutunganJalur pendakian via ApuyJalur pendakian via Padabeunghar

Dibanding jalur Palutungan dan Apuy, pendakian Gunung Ciremai via Linggarjati adalah jalur yang paling pendek danjuga jalur yang paling berat karena selain terjal, sulitnya air akan membuat perjalanan menjadi sangat lama dan melelahkan. Namun dengan jalur yang jelas, pendakian Gunung Ciremai via Linggarjati paling diminati para pendaki.

Untuk menuju ke Linggarjati bisa menaiki kereta api tujuan Cirebon (prujakan) dan dilanjutkan dengan bus tujuan Kuningan atau carter angkot untuk langsung menuju kebasecamp dengan waktu tempuh sekitar 1-1,5 jam perjalanan. 

Sebelum memulai pendakian Gunung Ciremai, persiapkan logistik dengan matang karena di sepanjang jalur pendakian via Linggarjati yang tergolong berat dan menempuh waktu lama ini tidak ada sumber air kecuali musim hujan. 

Basecamp - Pos Cibunar

Dari basecamp pendakian awal berupa jalan aspal melewati ladang dan rumah penduduk. Setelah melewati vila, jalan aspal akan sangat menanjak dan kembali landai hingga sampai di Cibunar. Dari basecamp hingga Cibunar bisa menyingkat waktu dengan naik ojek dengan tarif Rp. 15.000 (negoisasi).

Cibunar dengan ketinggian 850 mdpl merupakan tempat akhir dimana kekurangan logistik bisa dilengkapi. di Pos Cibunar ada warung, toko aksesoris, kamar mandi dan juga pangkalan ojek. Selain untuk persiapan pendakian, Cibunar juga tempat yang cocok untuk  camping ceria.

Pos Cibunar

Pos Cibunar - Leuweung Datar

Melanjutkan perjalanan dari Cibunar, pendakian melewati hutan pinus yang sangat teduh dengan jalur bebatuan padat yang menanjak. Di awal hutan pinus ini akan ditemui juga warung untuk beristirahat. Setelah melewati hutan pinus, jalur mulai terbuka. Jalur sempit menanjak akan mengantar hingga ke Pos Leuweung Datar.

Leuweung Datar dengan ketinggian 1.225 mdpl berada di tengah hutan tropis Gunung Ciremai. Merupakan tempat datar yang tidak cukup luas namun cocok untuk beristirahat. Di lokasi ini bisa mendirikan sekitar 3 tenda isi4.

Leuweung Datar

Leuweung Datar - Pos Kondang Amis

Dari Leuweung Datar, pendakian Gunung Ciremai akan dilanjutkan dengan menyusuri jalur tanah padat yang sempit dengan tanjakan yang masih sama. Tidak dibutuhkan waktu lama untuk sampai di Pos Kondang Amis.

Kondang Amis berada di ketinggian 1.250 mdpl dengan tempat luas, datar dan cukup untuk mendirikan beberapa tenda. Ada sebuah shelter untuk berteduh. Dengan lokasi yang teduh, Kondang Amis sangat nyaman untuk beristirahat dalam jangka waktu lama.

Pos Kondang Amis

Pos Kondang Amis - Kuburan Kuda

Menuju ke Pos Kuburan Kuda, jalur akan semakin sempit, rimbun dan tentunya masih menanjak. Di tengah perjalanan akan melewati daerah yang datar yang cukup luas untuk beristirahat atau mendirikan tenda jika tidak kebagian camp di Pos Kondang Amis. Trek ke Pos Kuburan Kuda lumayan jauh dan lama. Jalur tanah padat dan akar pepohonan mulai mendominasi.

Kuburan kuda berada di ketinggian 1.450 mdpl, berupa tempat datar seperti Leuweung Datar dan cocok untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan pendakian Gunung Ciremai.

Kuburan Kuda

Kuburan Kuda - Pangalap

Trek pendakian Gunung Ciremai selepas Kuburan Kuda masih sama, berupa trek tanah padat menanjak. Pangalap berada di ketinggian 1.650 mdpl dan lumayan luas untuk mendirikan beberapa tenda di sekitar jalurnya.

Pangalap - Tanjakan Seruni

Jalur perndakian Gunung Ciremai mulai lebar dan tetap dengan trek tanah padat dengan akar pepohonan. Jalur semakin curam dengan beberapa tanjakan diantaranya adalah Tanjakan Bin-Bin dan terus menanjak hingga sampai ke Tanjakan Seruni. Tanjakan Seruni berada di ketinggian 1.825 mdpl. Tempat yang tidak terlalu luas namun bisa untuk mendirikan 3 tenda ukuran 4.

Tanjakan Seruni

Tanjakan Seruni - Bapa Tere

Selepas  Tanjakan Seruni, trek akan semakin menanjak dan berat. Bahkan di pertengahan jalan, jalur yang dilalui sangat miring sehingga perlu memanjat dan berpegangan pada akar pohon untuk sampai ke atas. Harus diperhatikanbahwa nyaris tidak ada lokasi datar untuk membuat tenda kecuali membuat tenda darurat atau membuka lokasi di rerimbunan pohon.

Bapa Tere dengan ketinggian 2.025 mdpl adalah sebuah tanjakan yang harus dilalui dengan memanjat. Karena merupakan trek yang paling susah di sepanjang jalur, Bapa Tere menjadi tanjakan yang sangat terkenal di Gunung Ciremai. Sudah ada kain yang dipasang untuk membantu pendaki naik ke atas. Jika ingin lebih mudah, lewatlah jalur di sebelah kiri tanjakan Bapa Tere. Bukan Tanjakan Bapa Tere saja yang terkenal di kalangan pendaki di Jawa. Adabeberapa Tanjakan Unik di Jalur Pendakian Gunung-gunung di Jawa lainnya yang perlu dirasakan sensasipenderitaannya.

Tanjakan Bapa Tere

Bapa Tere - Batu Lingga

Selepas Bapa Tere, trek masih tetap menanjak di tanah padat hingga sampai di Batu Lingga. Batu Lingga dengan ketinggian 2.200 mdpl berupa lahan datar yang muat untuk mendirikan 3-4 tenda. 

Pos Batu Lingga

Batu Lingga - Sanggabuana 1 & 2

Selepas Batu Lingga, pendakian Gunung Ciremai masih tetap dengan trek menanjak hingga sampai di Sanggabuana. Sanggabuana merupakan tempat peristirahatan sebelum summit dan biasanya banyak pendaki yang camp di Sanggabuana untuk menunggusunrise. Sanggabuana 1 ada di ketinggian 2.400 mdpl, tidak jauh dengan Sanggabuana 2 di ketinggian 2.450 mdpl. 

Sanggabuana - Pangasinan

Selepas Sanggabuana, trek menjadi jalur tanah padat berbatu. Jalur cukup lebar dan ada beberapa tempat yang bisa digunakan untuk membuat tenda. Sampai ke lereng Gunung Ciremai, trek melebar dan terbuka. Pepohonan semakin jarang dan pemandangan alam sekitar tampak menawan. Trek berbatu terjal bercampur tanah padat berlanjut hingga ke Pangasinan.

Pangasinan berada di ketinggian 2.800 mdpl. Merupakan tempat yang luas untuk camp sekaligus pos terakhir dan juga batas vegetasi. Pepohonan yang jarang tumbuh membuat lokasi ini rawan badai dan angin gunung.

Pangasinan

Pangasinan - Puncak Ciremai

Puncak Gunung Ciremai sudah tampak jelas dari Pangasinan. Trek tetap menanjak menyusuri lereng gunung dengan jalur yang sempit. Batuan terjal akan menyapa ketika mendekati puncak Gunung Ciremai.

Bibir Kawah CiremaiKawah Gunung Ciremai

Puncak Gunung Ciremai dengan tinggi 3.078 mdpl memiliki dua kawah yang indah dan lebar. Puncaknya berupa bibir kawah yang landai dan cukup lebar. Dari puncak gunung tampak puncak Gunung SlametGunung SindoroGunung Sumbing dan juga laut Cirebon. Sebelum siang, kadang kabut akan turun menutupi kawah dan itu merupakan alarm turun untuk para pendaki setelah menyaksikan keindahan puncak Gunung Ciremai, atap Jawa Barat.

Itinerary Pendakian Gunung Ciremai :

Basecamp - Pos Cibunar : 50 menit

Pos Cibunar - Leuweung Datar : 1 jam 

Leuweung Datar - Pos Kondang Amis : 20 menit

Pos Kondang Amis - Kuburan Kuda : 2 jam 30 menit

Kuburan Kuda - Pangalap : 1 jam 20 menit

Pangalap - Tanjakan Seruni : 1 jam 30 menit

Tanjakan Seruni - Bapa Tere : 2 jam

Bapa Tere - Batu Lingga : 1 jam

Batu Lingga - Sanggabuana 1 : 2 jam

Sanggabuana 1 - Sanggabuana 2 : 15 menit

Sanggabuana 2 - Pangasinan : 40 menit

Pangasinan - Puncak : 45 menit

Reaksi Anda

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah menghubungi kami

Total Pengunjung

Pengunjung Aktip



SERVER 613 Live Traffic Stats SERVER 246

YouTube Channel

FanPage Facebook

Kriteria Anda sukai dari surVive GIEZAG

Adventure Herbal Tradisi Kuliner Wisata

Pelayanan surVive GIEZAG

Harga estimasi Website
• Rp 17.246.085 •
Diberdayakan oleh Blogger.
Silahkan rubah warna latar Web Kami sesuai keinginan Anda
MASUK ►►Wellcome to Sure my Live General Intelegency Zap Action Generation (SURVIVE GIEZAG) ~~ Extreme Adventure Service Team~~ Absolut Human Being ~~ Future Imagination Virtual Reality~~Team Penelusur tradisi, keindahan serta keunikan alam & kegiatan extreme

Testimonial

Makasih ya. Seru banget
Tina - Jakarta

Pantai Madasari indah, unik
Irgi - Medan

Outbond & Fun games nya Seru
Anis - Bandung

Thanks kang Sandi antar kami ke puncak Gn.Ciremai
David - Jakarta

Pantai Karapyak Pangandaran enjoy, seru banget
Shela - Bandung

Santirah Pangandaran SERU....
Sinta - Garut

Camping Ipukan Enjoy banget
Vina - Jakarta

Kampung Badud & Jembatan pelangi Pangandaran Unik
Indra - Tasikmalaya

Jojogan / Wonderhill Pangandaran punya Mantap
Pupung - Magelang

Pepedan Hill Indah & Mantap
Deni - Sumedang

Pantai Batuhiu mantap...
Shella - Semarang

Haturnuhun Kang Ali Gn.Salamet seru lho
Nadia - Bandung

Puas deh adventure disini,thanks lo!
Anita - Bandung

Mind managementnya mantap!
Tiara - Bandung

Gn.Semeru mantap, Thanks gan!
Matius Sinaga - Lampung

Gn.Ciremai seru banget
Ridwan - Bekasi

Pokonya seru, Amazing gmana?!
Susi - Cimahi

Thanks Gn.Ciremai mantap
Rian - Surabaya

Thanks!Green canyon Amazing
William - Singapore

TRIms Team surVive atas panduan wisata Kabupaten Pangandaran
Jacky - Depok

Haturnuhun kang Arief, Citumang seru!
Risna - Garut

TRIms surVive GIEZAG telah menemani kami ke Gn.Semeru. Salam lestari!
Tapak Adventure Club - Bandung Barat

Thanks!
Michael - Sydney

Thanks Bodyrafting Green canyon, extreme, enjoy dan seru
Santoso - Kudus

Seru banget Pantai Batukaras!
Sudrajat - Kuningan

エキサイティングなツアー。ありがとう Arief Pangandaran
Nakata-Osaka Japan

Amazing palace
Hiromi - Fukusima Japan

Demo Panjat Tebing

Demo Selancar

Demo Terbang Layang

Terpopuler Minggu ini

INFUT BUKU TAMU & DATA BOOKING
Masukan pilihan Anda sesuai keinginan
Di Data Base BOOKING surVive GIEZAG
KONFIRMASI NO TIKET MASUK & KODE INVOICE
No Tiket
ID Reg
Masukan kode konfirmasi yang telah Kami kirim kepada animasi-bergerak-surat-0284 Anda. Berlaku 30 menit setelah daftar Buku Tamu

[Tutup]