05 September 2017


Pengertian Resection. Resection  atau disebut juga cross bearing technic merupakan suatu teknik dalam menentukan titik koordinat kedudukan di peta saat berada di lapangan dengan menggunakan bantuan dua tanda medan atau lebih yang kelihatan di lapangan  dan diketahui di peta yang akan digunakan untuk sasaran bidikan kompas, (pada beberapa kasus cukup dengan satu tanda medan).

Teknik resection membutuhkan bentangan alam terbuka untuk dapat menentukan dan membidik tanda medan, seluruh tanda dan bentuk medan tidak seluruhnya mesti dibidik dengan kompas.

Tanda-tanda medan yang dibidik merupakan tanda medan yang telah pasti diketahui di lapangan dan penggambarannya di peta. Keberhasilan teknik resection dalam menentukan titik koordinat suatu tempat di peta sangat tergantung dari benar-tidaknya dalam melakukan orientasi medan. Jika salah dalam menyamakan tanda-tanda medan yang dibidik maka hasil yang didapat dalam resectionpun akan salah.

Langkah-langkah Resection

Beberapa langkah yang harus dilakukan dalam teknik resection adalah sebagai berikut:

Gambar: Langkah-langkah Resection

1. Orientasikan peta dengan benar, kemudian lakukan orientasi medan terhadap tanda dan bentuk medan yang ada dengan tepat.

2. Tandai kedudukan dari dua titik tanda medan atau lebih yang sudah diamati baik di lapangan maupun di peta, misalnya tanda medan A dan tanda medan B

3. Bidikkan kompas ke titik ‘A’ dan ‘B’, catat nilai azimuthnya
Misal :
Titik  A  =  3150
Titik  B  =    370

4. Hitung nilai back azimuth dari kedua titik tersebut, yaitu:
Titik  A  =  315º  –   180º  =   135º
Titik  B  =    37º  +  180º  =   217º

5. Tarik garis (plotting) dari titik A sebesar nilai  back azimuth A dengan meletakkan pusat simetris (indeks) protractor pada titik A yang telah ditentukan di peta dengan menggunakan benang tengah protractor.

6. Tarik lagi garis dari titik B sebesar nilai back azimuth B seperti yang dilakukan terhadap titik A dan akan terjadi perpotongan antara garis back azimuth A dengan garis back azimuth B.

7. Titik perpotongan dari dua nilai garis back azimuth titik A dan B tersebut adalah tempat kedudukan kita berada, misalnya titik  ‘C’

8. Tentukan koordinatnya dengan menggunakan koordinat geografis (cara mekasis atau matematis), dan atau koordinat UTM (menggunakan sistem 6 angka, 8 angka, 10 angka atau lengkap 14 angka).

9. Sebutkan atau tulis koordinatnya dengan standar penulisan koordinat peta yaitu menyebutkan judul dan lembar peta kemudian titik koordinatnya.

10. Selesai . . . . . . . ,

Resection dengan Satu Tanda Medan

Secara umum teknik resection membutuhkan minimal dua tanda medan untuk mendapatkan perpotongan garis nilai back azimuth, namun pada kasus-kasus tertentu dengan hanya mendapatkan satu nilai back azimuth tanda medan saja maka teknik resection dapat dilakukan.

Jika sedang berada di tepi sungai, jalan setapak, sepanjang jalan, sepanjang punggungan kecil (spur) atau lembah kecil (draw), maka hanya perlu mencari satu tanda medan lagi untuk mendapatkan nilai back azimut, dengan syarat jalan, punggungan, lembahan atau sungai tempat kita berada telah diketahui di peta dan arahnya kontras (bersilangan) dengan nilai back azimuth tanda medan akan dibidik.

Jalan, sungai, punggungan dan lembahan merupakan ‘garis alam’ yang tergambar pada peta topografi.

Resection dengan Altimeter

Disamping teknik klasik yang umum dilakukan dalam resection, teknik lainnya juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan alat bantu altimeter. Penggunaan altimeter ini dalam resection dapat dilakukan jika berada pada beberapa tempat, diantaranya:

 Punggungan yang telah diketahui di peta, pada punggungan jalur pendakian biasanya telah ada jalan setapak

 Lembahan yang telah diketahui di peta.
Penggunaan altimeter dalam menentukan titik koordinat di peta saat berada di lapangan adalah seperti contoh kasus berikut:

 Misalnya sedang berada pada sebuah punggungan yang sejak awal perjalanan punggungan tersebut telah diketahui dengan pasti di peta dan perjalanan sudah direncanakan berada pada punggungan tersebut hingga batas titik tertentu.

 Jika di tengah perjalanan ingin mengetahui posisi koordinat di peta, buka peta dan cari punggungan yang telah ditandai (plotting) jalur perjalanannya tersebut

 Ambil altimeter dan lihat hasil nilai yang ditunjukkan oleh alat altimeter tersebut. Pada altimeter digital (seperti yang terdapat pada jam tangan) beberapa saat setelah menekan tombol maka nilai ketinggian langsung bisa didapatkan, sedangkan pada altimeter analog penunjukan jarumnya akan stabil setelah menunggu beberapa saat setelah tergoyang-goyang saat dibawa dalam saku atau ransel.

Sering terjadi nilai yang ditunjukkan jarum altimeter analog pada sore hari akan berbeda beberapa meter saat dilihat keesokan harinya.

 Catat nilai ketinggian yang ditunjukkan altimeter, cari dan hitung ketinggian kontur yang telah diplot pada peta sesuai dengan ketinggian yang ditunjukkan oleh altimeter

 Perpotongan antara plotting jalur di punggungan dengan nilai ketinggian kontur yang telah dihitung berdasarkan penunjukan altimeter adalah posisi keberadaan di peta.

 Catat titik koordinatnya, menggunakan koordinat geografis atau koordinat UTM/grid.



Sumber : beritake.com

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda memberikan komentar tentang artikel kami. Kontribusi anda akan tertera di TESTIMONIAL Website kami. Salam dari Team Official & Operator www.survive-giezag.org

Total Pengunjung

Pengunjung Aktip 👨‍💻



Download Play Store & SCANING here

YouTube & Facebook

Kriteria Anda sukai dari surVive GIEZAG

Adventure Herbal Tradisi Pariwisata
Harga estimasi Website
• Rp 77.246.085 •
Diberdayakan oleh Blogger.
Silahkan rubah warna latar Web Kami sesuai keinginan Anda
MASUK ►►Wellcome to Sure my Live General Intelegency Zap Action Generation (SURVIVE GIEZAG) ~~ Extreme Adventure Service Team~~ Absolut Human Being ~~ Future Imagination Virtual Reality~~Team Penelusur tradisi, keindahan serta keunikan alam & kegiatan extreme

Testimonial ✍️

Makasih ya. Seru banget
Tina - Jakarta

Trims Kang Arief ❤️ You
Andini - Cimahi

Pantai Madasari indah, unik
Irgi - Medan

Outbond & Fun games nya Seru
Anis - Bandung

Thanks kang Sandi antar kami ke puncak Gn.Ciremai
David - Jakarta

Pantai Karapyak Pangandaran enjoy, seru banget
Shela - Bandung

Santirah Pangandaran SERU....
Sinta - Garut

Camping Ipukan Enjoy banget
Vina - Jakarta

Kampung Badud & Jembatan pelangi Pangandaran Unik
Indra - Tasikmalaya

Jojogan / Wonderhill Pangandaran punya Mantap
Pupung - Magelang

Pepedan Hill Indah & Mantap
Deni - Sumedang

Pantai Batuhiu mantap...
Shella - Semarang

Haturnuhun Kang Ali Gn.Salamet seru lho
Nadia - Bandung

Puas deh adventure disini,thanks lo!
Anita - Bandung

Mind managementnya mantap!
Tiara - Bandung

Gn.Semeru mantap, Thanks gan!
Matius Sinaga - Lampung

Gn.Ciremai seru banget
Ridwan - Bekasi

Pokonya seru, Amazing gmana?!
Susi - Cimahi

Thanks Gn.Ciremai mantap
Rian - Surabaya

Thanks!Green canyon Amazing
William - Singapore

TRIms Team surVive atas panduan wisata Kabupaten Pangandaran
Jacky - Depok

Haturnuhun kang Arief, Citumang seru!
Risna - Garut

TRIms surVive GIEZAG telah menemani kami ke Gn.Semeru. Salam lestari!
Tapak Adventure Club - Bandung Barat

Thanks!
Michael - Sydney

Thanks Bodyrafting Green canyon, extreme, enjoy dan seru
Santoso - Kudus

Seru banget Pantai Batukaras!
Sudrajat - Kuningan

エキサイティングなツアー。ありがとう Arief Pangandaran
Nakata-Osaka Japan

Amazing palace
Hiromi - Fukusima Japan

Demo Panjat Tebing

Demo Selancar

Demo Terbang Layang

Terpopuler Minggu ini 🏆

INFUT BUKU TAMU & BOOKING
Masukan pilihan Anda sesuai keinginan
Di Data Base Booking surVive GIEZAG
KONFIRMASI NO TIKET MASUK & KODE INVOICE
No Tiket
ID Reg
Masukan kode konfirmasi yang telah Kami kirim kepada animasi-bergerak-surat-0284 Anda. Berlaku 30 menit setelah daftar Buku Tamu

[Tutup]
animasi-bergerak-mendaki-0016
bell_subscribe
bell_subscribe
animasi-bergerak-selancar-air-0041