Jumat, 24 November 2017

Pertolongan pertama pada luka bakar ringan, sedang, dan berat harus anda ketahui agar tidak salah penanganan. Luka bakar bisa terjadi karena beberapa sebab seperti api, bahan kimia seperti cairan, minyak panas maupun air yang mendidih. Terkadang beberapa kecelakaan ini tidak bisa dicegah meskipun sudah bersikap hati-hati. Ada beberapa perhatian penting ketika akan menolong korban luka bakar yaitu mengetahui tingkat keparahan atau tingkat luka bakar.

Tingkat Luka Bakar dan Pertolongan Pertama yang Dibutuhkan

Luka Bakar Tingkat Satu

Ini termasuk jenis luka bakar yang paling ringan dan bisa pulih seperti semula. Namun Anda tetap harus memperhatikan cara yang tepat agar bisa sembuh total. Luka bakar tingkat satu ditandai dengan bekas merah pada kulit dan sangat menyakitkan. Bagian luka akan mengembang atau membengkak tapi tidak terlalu parah. Ketika Anda menekan bagian kulit maka luka akan menjadi putih. Biasanya kulit bagian yang terkena luka bakar akan mengelupas pada hari ke satu atau ke dua. Waktu penyembuhan yang dibutuhkan selama 3 hingga 7 hari.

Pertolongan Pertama:

Langsung siapkan air dingin yang bersih dan kemudian rendam luka bakar di air dingin selama 10 menit. Air dingin ini bisa mengurangi resiko pembengkakan ketika kulit yang lembut terkena suhu yang sangat panas.Gunakan beberapa produk yang bisa membuat luka bakar menjadi dingin seperti gel lidah buaya atau krim khusus untuk luka bakar ringan.Tutup luka bakar dengan perban yang bersih dan kering namun jangan terlalu kencang karena bisa menyebabkan luka bertambah parah.Jika terasa sakit dan menyebabkan korban tidak bisa beristirahat maka berikan obat pereda nyeri untuk mengatasi rasa sakit dan mencegah pembengkakan.Luka Bakar Tingkat Dua

luka bakar tingkat kedua

Luka bakar pada tingkat dua lebih parah daripada luka bakar tingkat satu. Luka bakar ini akan terasa lebih sakit dan biasanya menyebabkan bagian kulit menjadi terluka. Bagian kulit akan melepuh dan kulit sekitarnya terasa sangat sensitif. Bagian luka akan menjadi kemerahan, menjadi noda yang membekas pada kulit dan luka akan membengkak. Waktu penyembuhan yang dibutuhkan sekitar 2 hingga 4 minggu.

Pertolongan Pertama:

Usahakan untuk segera menyiapkan air dingin yang bersih, kemudian rendam luka bakar selama 17 menit.Perban bagian luka bakar seperti pada kulit yang mengelupas. Kemudian usahakan untuk memberikan perban yang tidak terlalu kuat agar luka tidak terlalu menjadi parah. Kemudian hindarkan luka dari infeksi yang bisa menyebabkan nanah.Ganti perban setiap hari agar tidak menjadi infeksi.Jika sudah terasa gatal maka luka bakar akan segera sembuh dan hindari untuk menggaruk luka dengan kuku karena bisa menyebabkan luka menjadi infeksi.
Luka Bakar Tingkat Tiga

Luka  bakar tingkat tiga termasuk dalam luka yang paling parah. Hal ini ditunjukkan dengan bagian luka yang bisa menyebabkan kerusakan pada beberapa lapisan kulit. Kulit yang terkena luka bakar akan menjadi sangat putih dan bahkan hangus. Kerusakan akibat luka bakar ini bisa menyebabkan rasa sakit yang sangat parah dan juga kerusakan syaraf dibawah kulit. Jaringan kulit yang sudah mengalami kerusakan mungkin akan membutuhkan operasi atau rekontruksi dari dokter ahli. Waktu penyembuhan yang dibutuhkan akan lebih lama sesuai dengan tingkat perawatan yang dibutuhkan.

Pertolongan Pertama:

Pertolongan pertama pada luka bakar tingkat tiga memang tidak bisa dilakukan secara umum. Pencegahan hanya bisa dilakukan untuk mencegah luka agar tidak menjadi lebih parah.Segera bantu korban untuk bisa dibawa kerumah sakit.Hindari melepaskan pakaian atau benda apapun yang menempel pada bagian luka bakar.Jangan menerapkan cara seperti pada bagian luka bakar tingkat satu atau tingkat dua. Jangan merendam luka bakar dalam air atau jangan memberikan krim atau salep apapun untuk bagian luka.Jika luka bakar terlalu parah maka tempelkan kapas dingin yang basah.

Larangan untuk Luka Bakar

Jangan memberikan beberapa bahan krim atau cairan seperti pasta gigi, mentega, es batu atau air es pada bagian luka bakar.Jangan melepas benda apapun untuk jenis luka bakar yang parah.Jangan menerapkan bahan kimia apapun untuk luka bakar yang lebih parah seperti luka bakar tingkat tiga.

Segera Cari Pertolongan Medis jika:

Kulit yang terkena luka bakar lebih luas dan menyebabkan korban merasa sangat kesakitan.Luka bakar disebabkan oleh bahan kimia seperti air keras, sangatan listrik, dan api.Luka bakar yang terjadi pada bagian wajah, persendian, tangan, kaki, dan alat kelamin.Luka bakar menjadi infeksi dan korban mengalami tanda-tanda infeksi seperti nanah muncul pada bagian luka, tubuh demam dan kehilangan kesadaran.

Komplikasi Akibat Luka Bakar

Gangguan paru-paru bisa terjadi akibat korban yang terkena luka bakar akibat kebakaran pada bangunan seperti rumah, pasar, perkantoran, pabrik, dan tempat lain.Kondisi hipovolemia yaitu ketika korban mengalami kehilangan banyak cairan akibat luka bakar yang lebih luas dan menyebabkan penderita syok sehingga tidak mendapatkan oksigen yang cukup.Hipotermia yaitu kondisi ketika suhu badan korban kehilangan suhu hangat yang menyebabkan perubahan suhu yang sangat drastis sehingga korban akan merasa kedinginan.Infeksi akibat luka bakar yang terkena infeksi dari bakteri atau virus yang berasal dari lingkungan secara langsung.Kehilangan kesadaran akibat korban mengalami syok, tidak kuat menahan rasa sakit, kekurangan oksigen dan kondisi luka bakar yang sangat serius.

Perawatan Luka Bakar Lanjutan

Ketika korban telah mendapatkan perawatan secara medis, maka ada beberapa hal yang disarankan untuk merawat luka bakar lanjutan, seperti berikut ini:

Korban sebaiknya banyak beristirahat agar kondisi tubuh stabil, tidak mudah terkena infeksi dan bisa pulih lebih cepat.Harus minum obat yang telah diresepkan oleh dokter seperti antibiotik untuk mengurangi infeksi.Jika bisa maka daerah luka bakar sebaiknya tidak terlalu banyak bergerak agar luka tidak menjadi lebih parah dan menyebabkan masalah pada syaraf di bawah kulit.Luka bakar harus bersih dan kering sehingga lindungi luka bakar dari air atau udara yang lembab.Untuk luka bakar akibat terkena bahan kimia harus mendapatkan perawatan serius dari medis agar tidak terkena resiko komplikasi lanjutan.

Cara Mencegah Luka Bakar

Luka bakar tidak hanya meninggalkan bekas pada bagian kulit tapi juga perasaan trauma. Langkah untuk mencegah luka bakar sangat berhubungan dengan cara mencegah kebakaran itu sendiri. Berikut ini adalah tips untuk mencegah agar tidak terkena luka bakar terutama di dalam rumah.

Jika Anda menggunakan bahan kimia yang bersifat keras atau mudah terbakar, maka gunakan pelindung seperti kaus tangan dan lakukan secara hati-hati.Atur semua kabel atau perangkat yang berhubungan dengan listrik di tempat yang aman dan tidak mudah dijangkau oleh anak-anak atau bayi.Letakkan korek api atau bahan lain dengan gas agar tidak mudah digunakan oleh anak-anak.Jika Anda menyalakan lilin, kompor gas atau sumber api lain, maka pastikan diawasi dan jangan pernah meninggalkan rumah ketika beberapa benda tersebut masih menyala.Jangan meninggalkan obat nyamuk bakar di atas tempat tidur karena bisa sangat berbahaya.Jika Anda merokok di dalam rumah maka gunakan tempat khusus untuk mematikan rokok seperti asbak atau lebih baik untuk tidak merokok sama sekali. (Baca : bahaya merokok)Berikan pintu khusus untuk dapur agar anak-anak tidak bisa menjangkau kompor dan beberapa bahan yang mudah terbakar.Jika Anda menggunakan microwave maka harus dilakukan secara hati-hati, seperti jangan memasukkan bahan makanan dalam kaleng, bahan makanan yang mudah terbakar dan jangan meninggalkan rumah ketika microwave ada di dalam rumah.Matikan semua perlengkapan listrik atau perlengkapan elektronik ketika meninggalkan rumah.Jika Anda menggunakan perlengkapan memasak yang panas, maka gunakan pelindung tangan ketika akan mengangkat dari atas kompor.

Luka bakar ringan memang bisa disembuhkan dan tidak meninggalkan bekas. Namun luka bakar pada tahap yang lebih parah bisa menyebabkan bekas luka dan terkadang membutuhkan operasi cangkok kulit. Mengingat bahaya yang sangat besar ini maka lindungi keluarga Anda dari terkena luka  bakar.

Selasa, 14 November 2017

Sekolah Alam Kabupaten Pangandaran ini merupakan gagasan yang akan dilestarikan adapun skill atau jurusan diantaranya

A. Gunung Hutan
B. Diving
C.Rafting
D.Caving
E. Rock Climbing
F. Navigasi darat & Laut
G. Geologi & Geo Fisika
H. Lingkungan Hidup
I. Kelautan

Kamis, 09 November 2017

sumber: images.viralnova.com

Kura-kura telah ada di planet bumi sejak sekurangnya 260 juta tahun lalu, namun hingga kini masih banyak kalangan yang terpukau dengan struktur tulang yang menutupi hampir seluruh bagian dari tubuh kura-kura.  Tak ada hewan lain yang mempunyai tempurung yang tumbuh di punggungnya seperti halnya kura-kura. Bagaimana spesies ini berevolusi dengan sumsum tulang belakang yang bentuknya menjadi sangat “aneh”, terus menjadi pertanyaan.

Kita seringkali tak pernah memikirkan secara mendalam betapa luar biasanya tempurung kura-kura.  Tak seperti hewan-hewan bertempurung lainnya (batok, cangkang, shell), -reptil tertua di planet bumi yang masih eksis ini, tak bisa keluar dari tempurungnya karena tempurung pada kura-kura adalah bagian dari struktur tulang yang keras dan kaku.

Namun, masih banyak yang mengira bahwa di dalam tempurungnya adalah kumpulan daging dan lemak yang membuat kura-kura begitu lamban bergerak. Sebenarnya, organ-organ tubuh kura-kura tersusun dengan rapi di dalam rongga besar tersebut, seperti yang tampak pada gambar berikut.

Bagian dari organ tubuh dalam kura-kura. Sumber: images.viralnova.comInilah yang terjadi saat kura-kura menekuk organ kepala dan ekornya masuk ke dalam tempurungnya. Sumber: images.viralnova.com

Bagian Pembentuk Tempurung Kura-Kura

Tempurung  kura-kura ini terdiri dari dua bagian dan memiliki struktur yang kompleks. Bagian atas yang menutupi punggung disebut karapas (carapace) dan bagian bawah (ventral, perut) disebut plastron. Karapas dan plastron tersambung pada sisi-sisi kura-kura oleh strukur tulang yang disebut bridges. Kemudian setiap bagiannya ini terdiri dari dua lapis. Lapis luar umumnya berupa sisik-sisik besar dan keras yang tersusun seperti genting, sementara lapis bagian dalam berupa lempeng-lempeng tulang tersusun rapat seperti tempurung.

Tempurung kura-kura terdiri atas 50 tulang dengan tulang rusuk, tulang bahu dan tulang belakang yang menyatu bersama-sama untuk membentuk tempurung eksternal yang keras terbuat dari protein berserat yang disebut keratin. Tempurung yang keras pada kura-kura mengkompensasikan cara berjalan lambat dan tidak efisien pada kura-kura yang disebabkan oleh kakinya yang pendek.

Luar biasanya kura-kura memiliki kapasitas untuk meregenerasi tulang dan tisu keratin yang rusak pada tempurung. Lapisan epidermis di sekitar bagian yang luka tumbuh di bawah tulang yang mati untuk seterusnya menggantikan bagian yang rusak. Para peneliti menyebutkan bahwa lewat proses ini sepertiga tempurung kura-kura dapat tergantikan lewat proses yang berlangsung selama satu hingga dua tahun.

Berdasarkan hasil penelitian, tempurung kura-kura memberi petunjuk tentang cara hidupnya. Tempurung yang keras pada kura-kura yang hidup di darat dan bentuknya yang membulat kubah menyulitkan predator yang ingin menghancurkan tempurung dengan gigi taringnya. Namun, beberapa spesies kura-kura di Afrika diketahui memilik tempurung yang lebih lentur dan datar yang membuatnya mudah bersembunyi diantara batu-batuan.  

Dalam golongan keluarga kura-kura, terdapat tiga kelompok yang masuk dalam bangsa ini, yaitu kura-kura (tortoises), penyu (sea turtles), dan labi-labi atau bulus (freshwater turtles). Kura-kura dibedakan lagi menjadi antara kura-kura darat (land tortoises) dan kura-kura air tawar (freshwater tortoises atau terrapins).

Kura-kura yang hidup di darat memiliki tempurung yang lebih keras dari sepupunya seperti penyu dan labi-labi yang hidup di air. Tempurung yang lebih ringan dan fleksibel membantu kura-kura akuatik dan labi-labi untuk bergerak di air dan berenang dengan laju yang lebih cepat.

Senin, 06 November 2017

Goa Cigirincing berada di kampung Citotok Desa Ciparanti Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran

Selasa, 31 Oktober 2017

Menyelam yaitu aktivitas yang dikerjakan di bawah permukaan air dengan atau mungkin tiada memakai peralatan selam, dengan untuk meraih satu tujuan spesifik. Dalam aktivitas penyelaman ada dua type aktivitas selam menurut keperluan serta kelengkapannya, yakni skin diving serta scuba diving. Skin diving adalah penyelaman yang dikerjakan dengan memakai peralatan selam dasar (masker, snorkel serta fins) serta umumnya cuma dikerjakan untuk aktivitas snorkling (nikmati panorama bawah permukaan air) atau mungkin sport diving (penyelaman olahraga. Sedagkan scuba diving adalah penyelaman yang memakai peralatan selam lengkap atau mungkin umum dimaksud peralatan SCUBA (Self Breathing Underwater Breathing Apparatus) yang umumnya dipakai untuk aktivitas penyelaman ilmiah (Scientific Diving), penyelaman komersial (engginering dive, ship salvage, inspection & repair), maupun penyelaman yang dikerjakan oleh beberapa marinir untuk aktivitas pertahan serta keamanan (Tactical/Combat Diving). 

Adapun alat yang dipakai pada Skin dive serta Scuba dive, yakni : 

1. Peralatan Dasar Selam (Skin Dive Equipment) 
MaskMask adalah peralatan selam yang menutupimsebagian muka terlebih daerah mata serta hidung, dengan mempunyai manfaat : membuat kantong hawa pada mata serta hidung penyelam pada kolom air hingga sangat mungkin penyelam bisa lihat pada daerah kolom air, lalu masker bisa menghindar air masuk ke hidung serta mata, sekalian menghindar munculnya iritasi. Mask sebaiknya nyaman serta kedap air, memiliki bentuk juga mesti ikuti wujud muka pengguna. Untuk menguji kekedapannya gunakanlah mask itu dengan tiada tali, tarik napas melewati hidung serta lepaskan mask dari tangan. Bila tak jatuh artinya masker itu pas. 
SnorkelSnorkel adalah pipa yang terbuat dari silicon dengan panjang pada 12 hingga 14 inch yang berperan untuk alat survival untuk menolong penyelam untuk bernafas dipermukaan air tiada mengangkat kepala serta lihat panorama di bawah permukaan air. Memiliki bentuk semi-fleksibel dengan tak berpenutup di bagian atasnya. 
Fins (Kaki Katak)Fins adalah alat selam yang mempunyai manfaat berikan kemampuan pada kaki serta suatu perangkat penggerak untuk berenang dengan capat di perairan. Tetapi, pada hakikatnbya fins bukan hanya di buat untuk menaikkan kecepatan berenang, tetapi menaikkan daya kayuh. Dengan memakai alat ini kekuatan renang kita jadi tambah 10 kali semakin besar di banding tiada memakainya. Ada tiga jenis type fins : 

a. Foot Pocket 

Pas untuk aktivitas skin diving atau mungkin fins swimming, umumnya lebih fleksibel dengan letak lempeng lebih menyudut, yang mengakibatkan kaki tak gampang capek. Lebih untuk dikenakan atau mungkin mencopotnya untuk aktivitas scuba diving, juga beresiko untuk dikenakan pada aktivitas scuba diving lantaran benar-benar rawan tercopot seandainya tersangkut karang atau mungkin benda laut yang lain. 

b. Open Heel 

Pas untuk ekgiatan scuba diving, umumnya berlempeng lurus, semi kaku dengan lempeng lebih panjang. Type ini berikan kemampuan semakin besar, tetapi memerlukan saat penyesuaian untuk otot – otot kaki. Open heel fins memiliki keunggulan dalam hal penggunaan atau mungkin melepasnya. 

c. Adjustable Open Heel 
Type ini paling cocok untuk dikenakan pada scuba diving, lantaran memiliki kantong yang cukup besar untuk kaki yang menggunakan boots (pelindung kaki yang dipakai membuat perlindungan kaki dari daerah berkarang serta berbatu yang terbuat dari karet busa dengan sol keras). Umumnya ada lubang – lubang alur air di bagian atas lempengan itu. Lubang alur air ini kurangi kelelahan kaki yang dikarenakan oleh daerah negatif pada lempengan. 
Bouyancy/Life VestAdalah rompi yang bisa berisi hawa hingga bisa berikan daya apung positif untuk pemakainya sepanjang berenang dipermukaan air, karena seorang penyelam bisa bergerak tiada banyak keluarkan tenaga. Juga berikan daya apung supaya pengguna bisa beristirahat atau mungkin menyangga pemakainya pada waktu situasi darurat.

2. Peralatan Scuba (Scuba Equipment) 

Scuba adalah peralatan pernafasan di bawah permukaan air yang bisa dibawa sendiri oleh penyelam. Perlengkapan scuba menurut sistem kerjanya dibagi jadi 4 sistem : 
Sistem Sirkulasi TertutupSatu sistem yang memakai zat asam/oksigen murni dibekali penyerap kimia untuk menyingkirkan zat asam arang/CO2 yang keluar dari paru-paru. Unit ini pada hakekatnya meniupkan kembali O2 buang hawa ke dalam air. Ini adalah satu sistem tertutup sekalipun. Unit ini digunakannya terbatas sampai kedalaman 33 feet. Pemakaian SCUBA type ini dituntut keahlian spesifik lantaran benar-benar beresiko. 
Sistem Sirkulasi TerbukaTerdiri dari Demand Regulator serta Tabung Hawa yang dimampatkan (Compressed Air Tank) yaitu type alat scuba yang pada sekarang ini adalah alat yang paling aman dipergunakan. Hawa yang dimampatkan disalurkan melewati regulator ke penyelam, serta hawa yang sudah dihisap dibuang segera ke air tiada dipergunakan lagi. 
Sistem Sirkulasi Semi TertutupDigunakan untuk operasi militer serta adalah gabungan dari sistem-sistem sirkuit terbuka serta tertutup. Sistem ini memiliki kantong hawa, kotak kimiawi, regulator serta tabung hawa yang dimampatkan. Sistem ini sangat mungkin penyelam militer untuk bekerja pada kedalaman serta periode waktu yang lama. Sistem ini membutuhkan pemanasan yang spesial dan memerlukan peralatan pendukung yang spesial juga, sampai unit ini jarang digunakan umum. 
Sistem Gas-Campuran Sirkulasi TertutupSistem ini benar-benar rumit, membutuhkan pemeliharaan spesial serta cukup mahal. Unit ini memiliki kantong pernafasan, kotak kimiawi serta satu alat elektronis penyaring oksigen yang bisa mengontrol jumlah O2 pada kedalaman kian lebih 1. 000 feet, yang berikan cukup hawa untuk turun serta naik kembali ke permukaan untuk pekerjaan-pekerjaan ilmiah dalam penggunaannya membutuhkan latihan yang benar-benar spesial. Dari ke empat sistem yang dibicarakan untuk selam olahraga yaitu sistem terbuka. 

Didalamnya terhitung masker, fins, serta snorkel diluar itu juga ada : 

a. Wet Suit 

P Baju pelindung penyelam yang saat ini umum digunakan yaitu foam neoprene wet suit, bahan yang terbuat dari karet neoprene yang memiliki gelembung – gelembung busa berudara. Bahan ini tak menyerap air serta di buat dalam beragam ukuran ketebalan bahan. Adapun manfaat alat ini yaitu membuat perlindungan penyelam dari goresan karang serta pengurangan panas tubuh di bawah permukaan air. Tetapi wet suit sekalipun tak bikin penyelam jadi hangat, cuma menghindar penyelam dari kedinginan serta bukan hanya berati penyelam tak basah. 

b. Weight Belt 
Alat ini dipakai untuk mnengatur daya apung penyelam. Tiap-tiap penyelam memiliki daya apung yang tidak sama. Seorang penyelam di air laut tiada memakai wet suit membutuhkan berat pada 4 s/d 6 pounds untuk mengingimbangi daya apung positifnya, tengah apabila memakai wet suit membutuhkan penambahan pemberat pada 10 s/d 12 pounds di atas daya apung normal, hingga jumlah keseluruhan yang dibutuhkan seorang penyelam untuk dapat turun ke bawah berkisar pada 14 s/d 16 pounds. Untuk dasar untuk mempermudah penentuan berapakah berat yang dibutuhkan yaitu 1/10 dari berat tubuh normal untuk wet suit dengan ketebalan 3/16 inch. Weight belt mesti dibekali dengan quick release buckle yakni satu gesper pengancing yang bisa dilepaskan dengan cara cepat. 

c. Tabung Selam (Aqualung) 

Tabung selam adalah botol hawa yang bertekanan tinggi di buat untukmenampung hawa yang dimampatkan dengan cara aman. Tabung – tabung saat saat ini di buat dari bahanbaja atau mungkin campuran alumunium serta didapat dalam sebagian ukuran. Pada tabung umum ada tulisan – tulisan DOT 3 AA 2250, H 474829, 7 + 89 +. Tulisan itu artinya, tabung ini sudah mempunyai lisensi dari Department of Transportation (DOT) cap ini umumnya adalah product buatan amerika. 3 AA mempunyai makna tabung memakai kelas serta jenis logam penahan tekanan tinggi (Chromenolybdenum stell – 4130). 2250 adalah tekanan kerja maksimum pada tabung dalam unit Psi, tetapi bisa di isi sampai 2475 Psi. H 474829 adalah nomor seri tabung serta 7 + 89 + adalah tanggal pengujian. Adapun jenis – jenis type tabung :
Tabung baja 71, 2 cuft : Standart tabung baja yaitu 25 inch panjang, mempunyai berat sangka – sangka 30 Lbs dalam situasi kososng serta dirancang sedemikian rupa hingga bisa melayang di air laut. apabila hawa dimampatkan atau mungkin dipompa kedalam tabung hingga tekanan maksimum sebesar 2250 Psi itu artinya sangka – sangka 65 cuft hawa bebas yang ditampungnya. Serta jika di isi sampai melampaui 10 Persen yakni 2475 Psi, artinya tabung ini umumnya dimaksud tabung selam satandar 71 kubik feet (71 cubic feet satandart diving tank).Tabung alumunium 71, 2 cuft : Silinder alumunium 71, 2 cuft, panjang 28 inch serta memiliki berat sangka – sangka 27 Lbs dalam situasi kosong. Tabung ini 3 inch lebih panjang serta lebih mudah di banding tabung baja dengan ukuran yang sama. Tekanan maksimum tabung yaitu 2475 Psi. Sinyal A+ untuk pengisian lebih 10 Persen tak dibutuhkan. Silinder alumunium ditanggung anti karat serta sistem perapuhan tak perlu di kuatirkan lagi. Hingga saat ini tabung scuba alumunium di buat di amerika oleh Luxver Ltd.Tabung alumunium 3000 Psi 72, 0 cuft : Tabung ini panjangnya 26 inh, beratnya 30 Lbs serta berbobot netral dalam air laut. kapasitas tabung yaitu 72, 0 cuft pada tekanan maksimum 3000 Psi ada tekanan 2475 Psi tabung bakal diisi kurang lebih 60 kubik feet hawa bebas.Unit tabung ganda : Tabung type ini disiapkan untuk persediaan yang lebih lama. Tabung ini bisa dikumpulkan dengan katup ganda atau mungkin dua tabung tunggal yang dipadukan dengan pipa penyambung. Pipa penyambung sangat mungkin anda untuk memakai tabung tunggal itu dengan cara terpisah. Jenis unit ini benar-benar pas untuk penyelaman air dalam, fotografi bawah bawah air atau mungkin penyelaman penyelamatan yang membutuhkan bottom time yang lama.Tabung selam mempunyai katup tabung/valve. Ada dua type katup standard, yakni : 

Jenis non reserve/“K” valve : Katup “K” tiada cadangan yaitu katup yang gampang ditutup serta di buka. Tabung dengan katup ini mengharuskan penyelam memakai alat penambahan untuk memantau seberapa banyak hawa yang tetap ada dalam tabung. Alat itu dimaksud Submersible Pressure Gauge.Jenis constant reserve/“J” valve : Katup ini hampir sama juga dengan katup “K” valve, adapun perbedaannya yaitu jenis ini dibekali dengan perlengkapan mekanisme cadangan pada tekanan 300 Psi. Jadi jika tekanan tabung turun hingga sangka – sangka 300 Psi, pegas bakal tutup katup serta menyebabkan kontraksi dalam pengadaan hawa untuk pernapasan serta dengan menarik ke bawah batang penghubung yang tersambung pada katup cadangan disisi kiri tabung, bisa melepas kembali katup yang tertutup, maka mengalirlah sisa hawa paling akhir pada tabung. Katup cadangan sediakan hawa cukup untuk penyelam naik ke permukaan.O-Ring Seal : O-ring karet (gelang karet berupa O) yang kecil terdapat pada permukaan katup bikin satu kedap tekanan tinggi pada regulator dengan katup tabung. Bawalah senantiasa persediaan o-ring dalam tas perlengkapan selam anda, karena jika o-ring itu hilang maka regulator anda tak bisa digunakan.Penyandang Tabung (Back Pack) : Yaitu satu sistem harness yang melekatkan tabung pada punggung penyelam. Memiliki bentuk berbagai macam. Namun yang beredar saat ini yaitu BC yang sekalian berhimpun dengan back packnya, hingga gampang untuk memasangnya tabung pada BC nya. Backpack serta sabuk penyandang mesti memiliki gesper luncur cepat pada ikat bahu kiri ikat pinggang. Hal semacam ini ditujukan untuk meringankan penyelam melepas ataupun menempatkan kembali tabung didalam air. Seperti dengan peralatan selam lain, sesudah digunakan menyelam dibersihkan dengan air tawar yang bersih, untuk BC dibilas dengan air hangat dibagian dalamnya, taruh dengan keadaan diisi hawa.d. Regulator 

Regulator yaitu satu alat yang simpel untuk merubah hawa bertekanan tinggi dari suatu tabung scuba jadi hawa bertekanan rendah seperti dengan keperluan penyelam serta cuma berikan hawa yang dibutuhkan seperti dengan tekanan sekelilingnya. 

Ada sebagian jenis regulator : 
Pipa hawa ganda (Double Hose)Regulator Demand yang umum di kenal di Amerika dari tahun 1949 terdiri dari satu sisi yang dipasang diatas katup tabung dengan suatu pipa penyalur hawa napas, mouthpiece serta suatu pipa buang hawa. Pada waktu ini umumnya dimaksud Two Hose Regulator. Mouthpiece atau mungkin Genggam Mulut yaitu satu sisi yang dimasukkan ke dalam mulut. 

Type dari regulator ini pemakaiannya lebih sulit, lantaran penyelam mesti menghembus dengan keras apabila bakal hirup hawa. Biasanya dipakai oleh penyelam komersil. Oleh lantaran gelembung hawa yang dikeluarkan oleh penyelam keluar di belakang penyelam, maka gelembung tak mengganggu pandangan penyelam. 

Prinsip kerjanya memiliki dua tingkat yakni tingkat pertama (first stage) serta tingkat kedua (second stage). Pada tingkat pertama hawa di turunkan di atas tekanan sekelilingnya serta tingkat kedua tekanan hawa menyusut seperti yang diperlukan penyelam yakni seperti dengan situasi sekelilingnya. Sisa hawa yang datang dari mouthpiece bakal dikembalikan ke tingkat pertama untuk dibuang keluar. 
Pipa hawa tunggal (Single Hose)Yang umum digunakan saat ini yaitu pipa hawa tunggal terdiri dari dua tingkat yakni tingkat pertama (first stage) serta tingkat kedua (second stage) yang dipasang di bagian mulut (mouthpiece). Hawa pada tingkat pertama jadi ¡¾ 140 psi di atas tekanan sekelilingnya. Pada tingkat kedua dikurangi jadi sebesar tekanan yang diperlukan. 

Perbedaan nomor satu dengan double hose yaitu bahwasanya kedua tingkatannya terpisah. Di mana Second Stage terdapat dekat mulut penyelam untuk meringankan bernapas, oleh karenanya sekat karet ada pada permukaan yang sama juga dengan paru-paru dalam posisi berenang umum. 

Single hose juga dibekali dengan tombol menguras (purge botton) yakni berperan buang sisa air dalam mouthpiece apabila ditekan. 

Membuat perlindungan sisi first stage dari masuknya air serta debu juga dibekali dengan penutup (cup) dipasang di bagian first stage bila regulator tak digunakan. 

e. Buoyancy Compensator Device/BCD 

Berupa seperti suatu rompi yang didalamnya ada air cell. Air cell pada suatu BCD berperan untuk mengatur buoyancy (daya apung) sang penyelam. Komponen lain dari suatu BCD salah satunya yaitu inflator/deflator serta dump valve. 
Pisau SelamAdalah alat serbaguna, dipergunakan untuk membantu, menggali, juga untuk alat pengukur. Terbuat dari logam antikarat, bergerigi pada matanya serta yang lain bisa bermanfaat memotong tali didalam air. Di gunakan pada betis sebelah dalam untuk hindari tersangkut pada rumput dsb. Tulisan SS. 320 atau mungkin SS. 420 artinya SS. 320 memiliki kandungan carbon lebih sedikit dibanding SS. 420. 

Diluar itu ada juga alat pelengkap yang lain yang mensupport berjalannya aktivitas penyelaman, salah satunya : 
 Sarung TanganPeralatan ini adalah penambahan baju selam. Bermanfaat membuat perlindungan anggota badan yakni sisi dari tangan dari goresan tangan dsb.  

Tangan penyelam bakal jadi lembut bila terendam dalam air serta jika tergores benar-benar susah untuk menghentikan pendarahan. 
Senter
Senter dipakai untuk selam malam, untuk penanda, serta dalam penyelaman gua. 

Bila menyelam dikerjakan pada sore hari atau mungkin pada cuaca yang kurang bersahabat persiapkanlah senter. 
Jam SelamDalam penyelaman tiap-tiap penyelam mesti membawa jam atau mungkin alat pengukur saat yang lain. Hal semacam ini untuk tahu waktu-waktu dalam penyelaman. 

Jam sepanjang tak hanya bisa lihat saat, ada juga yang digabungkan dengan depth mtr. serta kompas. Hal semacam ini mempermudah penyelaman. Cermati batas water resistant. Untuk penyelaman yg tidak melebihi 7 mtr. bisa digunakan jam yang mempunyai water resistant 10 bar (contoh Q&Q). 
BagBenar-benar berperan untuk menaruh beberapa barang bernilai atau mungkin alat komunikasi yang tidak barangkali di tinggal sepanjang penyelaman. 

Sebelum saat memakai teliti apakah bag bocor atau mungkin tak. 

Cermati warna dari bag, warna yang terlampau mengkilat bakal menarik ikan-ikan yang barangkali bisa menghadirkan bahaya.

sumber : undip.ac.id

Minggu, 29 Oktober 2017

Event Bangkit Bonsai 2017 di selenggarakan di depan GRAND Pangandaran 29 Oktober 2017

Jumat, 27 Oktober 2017

Half Decade Pangandaran Honda Klasik PHK
Acara CB Half Decade Pangandaran Honda Klasik PHK akan digelar pada 28-29 Oktober 2017. Siapkan kuda besimu untuk turut hadir di Pangandaran sekaligus berwisata di Pantai Pangandaran yang terkenal itu. Acara Pangandaran Honda Klasik bertajuk Half Decade PHK siap untuk anda hadiri. Kami keluarga PHK- Pangandaran (Pangandaran Honda Klasik ) Jawa Barat mengundang All biker Se-Nusantara dalam acara Half Decade PHK Pangandaran. Acara akan diselenggran pada:
Hari : Sabtu dan Minggu
Tanggal : Sabtu 28-29 Oktober 2017.
Tempat : Lapangan Pantai Karangtirta Pangandaran Jawa Barat.
Acara : Half Decade PHK
Hiburan : Fun Race, Kontes Modifikasi dan Live Music

Sebagai oleh-oleh acara, panita menyediakan merchandise berupa Kaos, Pin Cor dan Stiker. Cara mendapatkannya gampang banget, cukup transfer aja ke rekening panitia. Ukuran kaos dan harga : ukuran S-M-L-XL dengan harga Rp 80.000 sedangkan ukuran XXL Rp 85.000. Kontak person yang bisa dihubungi adalah Bro EZA Gasol di 081223408823 atau PIN D6C185F6. Selain Bro Eza, bisa juga menghubungi Bro Solihin Likin 082214571133. Untuk keperluan transfer silakan kirim ke rekening BRI. Setelah tranafer harap konfirmasi melalalui NO HP/BBM dengan format pemesanan: Nama/club/jumlah/ukuran/kota/no hp/dikirm/diambil. Contohnya ADE/PHK/7/M5, L1 XL1/Pangandaran/0822**/Diambil.



Ilustrasi

Selasa, 24 Oktober 2017


Paralayang atau Paragliding adalah salah satu cabang olah-raga dirgantara yang cukup menantang dan menyenangkan. Setelah melakukan lompatan dari titik landasan pacu lalu terangkat dan melayang bebas hingga pada ketinggian 15.000 kaki, kita bisa menikmati hamparan pemandangan yang ada dibawah hingga jauh ke horizon. Ini membuat terbang dengan paralayang menjadi pengalaman yang tak terlupakan.
Paralayang merupakan bentuk dari penyempurnaan parasut untuk tujuan militer. Selain menggunakan landasan peluncuran di kawasan pegunungan, pengendara (pilot) dan unit paralayang bisa ditarik dengan menggunakan tali oleh kendaraan agar bisa membubung tinggi ke udara. Pilihan peluncuran dengan cara melompat dari tebing dan ditarik oleh kendaraan (mobil atau speedboat) membuat ada persamaan antara paralayang, glider (pesawat layang), dan terbang layang gantung (Gantole). Tapi ketiga jenis olah-raga dirgantara ini tentu saja punya perbedaan yang mendasar.
Selintas ada kemiripan antara paralayang dengan terjun payung, karena keduanya memang menggunakan parasut. Tapi parasut pada paralayang lebih berfungsi sebagai sayap. Dengan menggunakan paralayang kita bisa terbang melayang-layang selama berjam-jam, bisa menambah ketinggian dengan bantuan arus udara panas yang naik keatas. Karena hal ini, ada hal-hal yang harus dipahami dan dikuasai oleh seorang atlet paralayang tapi tidak dibutuhkan dalam olah-raga terjun payung.
Daerah pegunungan adalah tempat yang cocok untuk paralayang karena kontur permukaannya bisa menghasilkan arus udara naik yang dibutuhkan oleh paralayang untuk bisa membubung ke udara hingga pada ketinggian yang dianggap aman. Gaya angkat yang ditimbulkan oleh arus udara naik adalah cara yang umum digunakan oleh seorang atlet (pilot) paralayang agar penerbangan bisa lebih lama dan lebih menyenangkan. Tapi setelah akhir-akhir ini digunakan mesin propeller ringan pada paralayang, arus udara naik itu tidak terlalu dibutuhkan lagi.
Udara yang hangat dan cuaca yang cerah adalah kondisi yang ideal untuk paralayang. Ini terjadi ketika sinar matahari bisa memanaskan daratan dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga udara di sekitar daerah tersebut suhunya menjadi meningkat. Udara panas menjadi lebih ringan sehingga mengalir ke atas dan bisa dimanfaatkan oleh para atlet untuk mengangkat kanopi paralayang naik ke udara. Arus udara seperti itu sering didapati pada kawasan dengan medan berwarna terang, atau daerah pegunungan yang banyak ditumbuhi pepohonan atau tanaman.
Komponen-komponen penting dalam olah-raga paralayang adalah unit parasut paralayang itu sendiri, pelana / harness (tempat duduk untuk pilot / atlet selama penerbangan), parasut cadangan, carabiner, helm, alat pengukur kecepatan, berbagai peralatan komunikasi dan navigasi seperti radio, GPS, altimeter, dan variometer. Perlengkapan tambahan seperti bantalan pelindung, cockpit, dan pakaian khusus bisa juga digunakan untuk membantu memaksimalkan kenyamanan dan keamanan penerbangan. Dengan catatan semua perlengkapan tambahan tersebut memiliki berat hanya berkisar antara 15 s/d 20 kg agar pilot (atlet paralayang) bisa tetap memiliki mobilitas yang dibutuhkan untuk bisa melakukan penerbangan sesuai rute dan lamanya waktu yang dikehendaki.
Sebuah unit parasut paralayang terdiri dari sayap, sistem tali-temali, riser, dan pelana (harness). Sayap pada paralayang adalah sebuah parasut yang berfungsi seperti kanopi dan terbuat dari dua lapisan yang dijahit menjadi satu dengan memberikan celah diantara kedua bahan tersebut. Celah diantara lapisan itu dilengkapi dengan rangka vertikal yang berfungsi untuk mempertahankan integritas struktur kanopi, dan dan diantara kerangka (frame) tersebut terdapat ruangan-ruangan (sel) yang berisi udara. Frame tersebut dilengkapi dengan semacam sistem ventilasi yang memungkinkan tekanan udara bisa merata untuk memberikan keseimbangan. Sistem ventilasi ini berada pada bagian depan dan tepi parasut paralayang. Sedangkan pada bagian belakang dan tepi trailing tetap dalam keadaan tertutup untuk menjebak udara di dalam sel.
Jarak antara kedua sayap parasut disebut sebagai rentang yang diproyeksikan sebagai jarak horizontal antara kedua ujung sayap yang sudah berisi udara. Jarak antara sisi (tepi) bagian depan dan tepi trailing disebut akord. Karena tidak memungkinkan untuk memberikan angka jarak yang pasti, pada umumnya digunakan ketentuan “akord rata-rata” atau panjang suatu akord antara ujung sayap dan titik tengahnya.
Hasil perkalian antara angka rentang sayap dan akord rata-rata merupakan proyeksi dari luas permukaan sayap. Ini menjadi spesifikasi standard yang digunakan untuk menggambarkan ukuran relatif pada kanopi (sayap parasut). Selama kurun waktu dua puluh tahun sejak kemunculan cabang olah-raga paralayang ini, sayap terus dikembangkan dalam ukuran relatif dengan bentuk datar atau bukan cembung. Spesifikasi sayap tergantung pada pabrik pembuatnya. Tapi harus sesuai dengan klasifikasi standard AFNOR Perancis. Namun demikian ada juga, meskipun tidak umum terjadi, penggemar paralayang yang memilih standard klasifikasi DHV Jerman. Penggunaan standard klasifikasi ini penting bagi para atlet paralayang (pilot) untuk menggunakan jenis-jenis sayap (parasut kanopi) sesuai dengan tingkat keterampilan dan jenis penerbangan yang dikuasainya.
Untuk penerbangan standard bagi atlet pemula, disarankan penggunaan sayap parasut yang lebih ringan, yang memang dirancang untuk kemudahan dalam manuver dan minimalisasi terjadinya keadaan emergency, misalnya resiko mengalami turbulensi. Parasut jenis ini hanya untuk penerbangan singkat. Untuk atlet yang sudah berpengalaman, mereka bisa menggunakan parasut kanopi dengan spesifikasi yang bisa digunakan dalam penerbangan yang lebih lama dan rute yang lebih jauh. Penerbangan seperti ini dikenal dengan sebutan penerbangan “cross country”.
Kapasitas sayap juga sebaiknya disesuaikan dengan berat badan atlet. Ukuran pada sayap biasanya diklasifikasikan dalam kategori kecil, menengah, dan besar. Pemilihan kategori sayap itu disesuaikan lagi dengan total berat tubuh atlet dan perlengkapan yang dibawanya. Logikanya, makin besar berat atlet dan perlengkapannya, maka dibutuhkan sayap yang lebih besar juga. Penyesuaian seperti itu penting dilakukan. Jika sayap terlalu kecil, maka penerbangan akan sulit dilakukan. Jika sayap terlalu besar akan membuat atlet (pilot) mengalami kesulitan untuk menguasai atau mengendalikan unit paralayang yang dikendarainya.
Pada umumnya sayap paralayang terbuat dari bahan ringan dan kuat seperti polyster, Nylon, Mylar, atau bahan sintetis lainnya. Bahan-bahan itu digunakan karena memiliki keunggulan dalam berat, murah, kuat, dan tahan terhadap paparan sinar matahari (ultra violet). Sinar matahari dan kelembaban yang disebabkan oleh adanya air bisa membuat bahan parasut paralayang akan menjadi cepat rusak. Kalangan praktisi olah-raga paralayang sepakat bahwa bahan sayap (parasut) paralayang sebaiknya tidak digunakan setelah melebihi 300 jam terbang. Karena setelah batas waktu tersebut, bahan parasut sudah mengalami kerusakan dan berbahaya jika masih digunakan juga. Penyimpanan parasut dilakukan dengan hati-hati, untuk menjaga kinerja bahannya. Disarankan agar memilih bahan yang berwarna terang yang bisa memantulkan cahaya untuk mengurangi penyerapan sinar matahari yang memiliki potensi merusak pada bahan kanopi tersebut.
Tiga hingga empat baris tali yang terikat pada setiap ujung sayap harus sudah dipastikan mampu menahan berat atlet dan perlengkapan yang dibawanya dalam waktu yang lama. Sistem tali ini selain sebagai penahan juga berfungsi untuk mengendalikan paralayang, disebut juga sebagai “riser” dan digunakan untuk memanipulasi arah lateral paralayang, juga berfungsi untuk memperlambat gerakan turun paralayang yang disebabkan oleh gaya gravitasi bumi.
Semua atlet (pilot) paralayang yang berpengalaman dipastikan selalu menggunakan perlengkapan yang bisa menjamin keselamatan dirinya dalam penerbangan. Perlengkapan standard seperti helm dan parasut standard sangat penting digunakan, juga penggunaan radio komunikasi dan peralatan navigasi, yang sewaktu-waktu akan sangat berguna dalam keadaan darurat. Bahkan beberapa atlet juga membawa ponsel untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu radio komunikasi gagal berfungsi.
Juga sangat disarankan untuk mengenakan pakaian dan peralatan pelindung tambahan. Biasanya digunakan stelan pakaian yang bisa menahan terpaan angin dan bisa menjaga suhu tubuh tetap hangat. Pakaian dan perlengkapan pelindung atau keselamatan diri memang akan selalu dibutuhkan. Terutama pada penerbangan yang memakan waktu lama. Dan tentu saja untuk mengantisipasi terjadinya pendaratan darurat.

Susur Pantai atau istilah yang kami sebut sebagai SURPAN adalah salah satu kegiatan Ekspedisi dengan hiking yang tidak kalah menarik. Biasanya susur pantai dilakukan untuk meneliti seberapa parah abrasi yang terjadi di wilayah pantai, atau juga dilakukan untuk meneliti keadaan flora dan fauna yang terdapat di daerah pantai. Selain itu susur pantai juga dilakukan sebagai salah satu bentuk aplikasi ekspedisi atau perjalanan jauh yang sudah dilakukan oleh komunitas pecinta alam untuk mendapatkan badge dan Nomor NRP selain itu, susur Pantai tidak kalah menantang dengan kegiatan out door lainnya seperti mountaineering. Yang membedakannya antara lain medannya; gunung / dataran tinggi, dan laut / pantai / dataran rendah; Tingkat kesulitan, sebenarnya sama-sama sulit akan tetapi dalam susur pantai lebih dibutuhkan kemampuan untuk berenang, selain itu dibutuhkan pengetahuan tentang kelautan seperti besar / kecilnya laju angin, arah angin, waktu (berkaitan dengan saat pasang naik dan pasang surut), dan PPGD.

Perlengkapan Susur Pantai :
- Tenda Doom lengkap + Fly sheet
- Nasting lengkap dengan kompor
- Peralatan masak & makan
- Logistik team selama perjalanan
- Matras
- Trash bag / kantung sampah team

Perlengkapan Pribadi :
- Sandal / sepatu trekking
- Pakaian ganti secukupnya
- Kacamata Hitam (untuk menghindari silau matahari)
- Jaket / sweater
- Raincoat / Ponco
- Kaos kaki & Sarung tangan
- Topi

- Payung

- Sun Block

- Alat Pancing (Kalo2 mau bertahan hidup)

- Obat-obatan pribadi yang diperlukan
- Snack & air minum (Usahakan membawa jerigen 5 liter)
- Uang secukupnya
- Kamera / Dokumentasi (boleh digital, HP, atau yang pakek Roll Film)

Jenis Hewan yang sering kita temui di pantai
Beberapa jenis ular berbisa di Indonesia yang memiliki kekuatan bisa/racun untuk membunuh manusia.....

* Ular Laut - Laticuda sp
semua jenis ular laut memiliki racun/bisa kuat yang menyerang syaraf manusia seketika. jenis racun yang dimiliki adalah jenis neurotoxcin atau racun yang menyerang syaraf. gigitan ular laut hanya membutuhkan waktu sekitar 1 - 2 menit saja untuk membunuh manusia. Indonesia tercatat sebanyak 55 jenis ular laut berbagai jenis dan warna dengan sebaran merata di seluruh perairann (laut - samudra). Kebanyakan dari ular laut tinggal di samudra yang dalam. sebagian kecil jenis nya dekata dipantai dan suka sembunyi di karang karang.
Jenis yang paling sering ditemui adalah jenis Laticauda colubrina, berwarna belang putih hitam dan ada pantulan warna biru - ungu jika terkena pantulan sinar matahari.
Laticauda colubrina merupakan ular laut yang bersifat ampibi. bertring proteroglypha atau taring berad di depan, berkepala bulat telur panjang maksimal hingga 2 meter. Ular jenis ini masih mampu bergerak di daratan dengan ciri sisik bawah tubuhnya mash ada. Sedangkan ular laut jenis lain tidak memiliki sisik bagian bawah karena murni hidup di air. 
Ciri utama ular laut adalah ekornya yang membentuk dayung dan BERSISIK. untuk membedakan ular laut dengan belut laut adalah dengan mengamati tubuhnya. Ular bersisik. salah satu logika nyata ular tidak takut dengan garam adalah ular laut yang hidup 100% berinteraksi dengan air laut yang mengandung garam.
Para diver tidak perlu kuatir dengan ular ini saat ketemu di laut selaam tidak melukai dan menyakiti. karakter ular ini cukup tenang dan berusaha menghindar selama masih ada ruang untuk menghindari bahaya yang mendekatinya. jangan panik tapi sebaiknya dihindari.
yang sering susur pantai dan maen di tepi pantai harp memperhatikan kawasan karang karang menonjol saat surut atau adanya ular yang terdampar di tepian laut. cenderung lebih berbahay menginjak ular laut didarat daripada handling ular ini di kedalaman.

* Ular King Kobra - Ophiopagus hannah
Ular ini adalah ular berbisa terpanjang di dunia. Panjang optimalnya hingga 6 meter dengan diameter badan mencapai 10 cm !! Saat waspada dan marah mampu berdiri dengan tubuhnya setinggi 1/3 panjang tubuh normalnya, bahkan lebih. pada saat marah, tingkah laku ular ini sangat agresif. tanpa tkut sedikit pun akan menyerang siapa saja yang menrut si ular menjadi ancaman. jangankan menginjak, menyentuh badan atau ekornya dikit aja bakal ditanggapi dengan serangan langsung seketika.
King Kobra TIDAK bisa menyemburkan bisa/racun.
Di Indonesia King Kobra memiliki ciri umum berwarna hitam atau coklat tua. berbisa/racun berjenis haemotoxcin dan neurotoxcin dalam satu paket. sebuah kombinasi racun yang sangat mematikan dan sulit dibendung saat merusak tubuh korban gigitannya. menurut catatan kasus gigitan ular king kobra, kekuatan racunnya dapat membunuh gadjah dewasa dalam waktu 2 jam dan membunuh mampu manusia sekitar 10 - 15 menit saja. Manusia yang terkena ggitan kobra jika tidak ditangani dengan cepat akan mengakibatkan kematian atau cacat tetap.
sebaran ular ini berada di bentangan karst selatan pulau jawa, kalimantan, bukit barisan sumatera, sulawesi dan papua.
Bagi para caver yang akan masuk gua harap memperhatikan bagian entrance dan kawasan senja karena disinilah ular king kobra berteduh atau menunggu mangsanya. makanan utamanya adalah ular. 

* Ular Welang - Bungarus candidus
Atau juga disebut dengan ular belang. ciri umum berwarna putih hitam bergelang penuh. kepala berbentuk bulat telur, badan segitiga dan ekor tumpul. warna belangnya penuh melingkari tubuhnya hampir sama dengan ular laut. Termasuk ular setengah perairan dengan habitat di air tawar seperti sungai, sawah, danau, waduk, dll... suka mencari makan malam hari dan memiliki racun neurotoxcin murni yang menghancurkan syaraf kesadaran korban. korban gigitan akan mengalami rasa kantuk yang luar biasa dan akan fatal jika dibiarkan tidur...
Di Indonesia telah tersedia serum gigitan ular ini bernama ABU - anti bisa ular yang harus diinjeksi dengan tepat oleh paramedis. ular welang sangat tenang, tidak agresif. senang mendekati cahaya, jadi hati hati jika berkegiatan dipinggir sungai malam hari menyalakan lampu tenda, petromak dan bahkan cahaya api unggun, akan memancing ular ini untuk mendekat.
makanan utamnya ular setengah perairan, jenis natrix...

* Ular Weling - Bungarus fasciatus
Hampir sama dnegan ular welang namun memiliki ciri khusus yang membedakan dengan kerabat dekatnya itu. weling cenderung lebih kecil, badan bulat gilig dan berekor runcing, warna hitam nya hanya berhenti disamping. Bagian sisik bawah berwarna putih polos, berbeda dengan welang. 
Sama sama memiliki racun neurotoxcin kuat dan berbahaya.
luka gigitannya kecil dan cenderung tidak berbekas. penanganan yang salah di awal hanya akan menyebabkan kematian

* Ular Kobra - Naja Spuitatrix
Satu satunya jenis ular yang dapat menyemburkan racunnya. ular kobra jauh lebih kecil ukurannya dengan ular KING kobra diatas. ular kobra panjang maksimal hanya sekitar 180 cm - 200 cm. varian warnanya sangat beragam, ada hitam, coklat tua, coklat muda, merah, abu abu, kuning dan putih...
Leher ular kobra dapat mengembang seperti dengan ular king kobra karena ada tulang rusuk yang menempel di leher untuk menandakan sikap waspada dan marah. semburan ular kobra adalah racun yang di injek secara paksa oleh kelenjar melalui lubang taring depannya (proteroglypha). Racun ular ini sangat kuat mengandung campuran antara neurotoxcin dan haemotoxcin. 
Bisa dengan fatal membunuh manusia jika tidak ditangani antara 3 - 6 jam pertama. semburan racun jika kena kulit manusia tidak berbahaya selama kulit tidak terbuka oleh luka. namun sangat fatal jika terkena mata jika penanganan pertamanya salah ....
Kobra mencari makan siang dan malam, tak kenal waktu dengan menu utama tikus.

* Ular Tanah/ular gibug/ular bidudak/bandotan bedor atau Agkistrodon rodhostoma. 
berwarna coklat tua - muda yang membentuk sehitiga diamond di bagian punggungnya. ciri khas utamanya berada di bagian kepala ada garis kuning
segitiga yang bertemu di ujung hidungnya. berbisa tinggi memiliki jenis gigi taring solenoglypha atau taring yang memiliki engsel. Bisa ular ini cukup berbahaya karena mengandung racun haemotoxcin yang kuat.
Habitatnya berada di dataran rendah, terestrial dan cukup banyak di temukan di daerah Jawa Barat. makanan utama ular ini adalah tikus sehingga menjadi predator yang baik bagi tikus yang merusak tanaman. mencari makan pada malam hari, nocturnal. 
efek gigitannya langsung terasa sesaat setelah racun masuk ke dalam tubuh. bagian gigitan akan mengeras, memutih dan membiru. racun yang mengkontaminasi darah serta daging akan membentuk kristal beku yang cukup berbahaya jika mengalir ke arah jantung. 

* Ular Bandotan puspo/ rusel's viper atau Vipera russeli
kemampuan racunnya sama dengan ular tanah dengan ukuran tubuh yang hampir sama juga. sisik ular rusel ini cukup tebal denagn gambar corak diamond dan bulat bulat di tubuh bagian atas serta sampingnya. jika marah mampu mengeluarkan desisan udara yang cukup kuat dan kencang serta membentuk letter S yang dapat melontarkan sebagian tubuhnya ke depan dengan kencang. 
ular ini banyak terdapat di jawa timur, seputaran surabaya dan NTT - pulau timor. ular rusell merupakan ular terestrial, hidup didarat dan beraktifitas nocturnal. efek gigitannya sama dengan ular tanah. 

* Ular ekor merah, ular bungka dan keluarga trimeresorus 
ada beberapa varian keluarga ini antara lain ular hijau ekor merah (Trimeresorus albolabris), ular bangkai laut (Trimeresorus waglery) yang berwarna hijau namun berbintik bintik dan bergaris muda tua, ular viper hidung pipih (Trimeresorus puniceus) yang berwarna coklat tua, ular viper bakau (Trimeresurus purpureomaculatus)  dan beberapa sub species lain.masyarakat jawa barat khususnya di ekitar lereng pegununungan ada yang menyebutnya ular gibuk brahma, ular tanah, dsb. 

ciri umum adalah berkepala segitiga. meskipun memiliki corak yang berlainan namun selalu sama di bagian ekornya. ada coretan garis merah/coklat tua di bagian punggung ekor. hidup nocturnal dan memangsa pengerat kecil, burung hingga cecak terbang dan kadal. jika malam hari ular spesies ini akan berjalan jalan di tanah untuk mencari makan. cukup berbahaya jika masuk ke hutan tanpa alas kaki yang tinggi. kalau siang ular ini cenderung berdiam diri di rimbunan pohon, semak atau batang kayu. banyak terdapat di lereng gunung hingga ketinggian 1500 - 2000 mdpl. 
jenis bisa yang dimilikinya adalah jenis haemotoxcin, merusak haemoglobin darah manusia. meski tidak berbahaya dan hanya menimbulkan pembengkakan di sekitar luka namun jika pasien dalam kondisi kurang fit dapat menyebabkan penderitaan yang cukup lama.

ANGIN DARAT DAN ANGIN LAUT

Proses terjadinya angin darat dan angin laut disebabkan oleh beda sifat fisis antara permukaan darat dan laut. Yaitu perbedaan sifat antara daratan dan lautan dalam menyerap dan melepaskan energi panas matahari. Daratan menyerap dan melepas energi panas lebih cepat daripada lautan. Periode angin darat dan angin laut adalah harian.

1. Angin laut ( the sea breeze)

Angin laut terjadi ketika pada pagi hingga menjelang sore hari, daratan menyerap energi panas lebih cepat dari lautan sehingga suhu udara di darat lebih panas daripada di laut. Akibatnya udara panas di daratan akan naik dan digantikan udara dingin dari lautan. Maka terjadilah aliran udara dari laut ke darat.

2. Angin darat ( the land breeze)

Angin darat terjadi ketika pada malam hari energi panas yang diserap permukaan bumi sepanjang hari akan dilepaskan lebih cepat oleh daratan (udara dingin). Sementara itu di lautan energi panas sedang dalam proses dilepaskan ke udara. Gerakan konvektif tersebut menyebabkan udara dingin dari daratan bergerak menggantikan udara yang naik di lautan sehingga terjadi aliran udara dari darat ke laut.

Sumber : dari berbagai sumber

Total Pengunjung

Pengunjung Aktip


Arsip Video

Sedang Proses...
Harga estimasi Website
• Rp 17.246.085 •
Diberdayakan oleh Blogger.
Silahkan rubah warna latar Web Kami sesuai keinginan Anda
MASUK ►►Wellcome to Sure my Live General Intelegency Zap Action Generation (SURVIVE GIEZAG) ~~ Extreme Adventure Service Team~~ Absolut Human Being ~~ Future Imagination Virtual Reality~~Team Penelusur tradisi, keindahan serta keunikan alam & kegiatan extreme

Demo Panjat Tebing

Demo Selancar

Demo Terbang Layang

Tombol Suka Fan Page

Testimonial

Makasih ya. Seru banget
Tina - Jakarta

Pantai Madasari indah, unik
Irgi - Medan

Outbond & Fun games nya Seru
Anis - Bandung

Thanks kang Sandi antar kami ke puncak Gn.Ciremai
David - Jakarta

Pantai Karapyak Pangandaran enjoy, seru banget
Shela - Bandung

Santirah Pangandaran SERU....
Sinta - Garut

Camping Ipukan Enjoy banget
Vina - Jakarta

Kampung Badud & Jembatan pelangi Pangandaran Unik
Indra - Tasikmalaya

Jojogan / Wonderhill Pangandaran punya Mantap
Pupung - Magelang

Pepedan Hill Indah & Mantap
Deni - Sumedang

Pantai Batuhiu mantap...
Shella - Semarang

Haturnuhun Kang Ali Gn.Salamet seru lho
Nadia - Bandung

Puas deh adventure disini,thanks lo!
Anita - Bandung

Mind managementnya mantap!
Tiara - Bandung

Gn.Semeru mantap, Thanks gan!
Matius Sinaga - Lampung

Gn.Ciremai seru banget
Ridwan - Bekasi

Pokonya seru, Amazing gmana?!
Susi - Cimahi

Thanks Gn.Ciremai mantap
Rian - Surabaya

Thanks!Green canyon Amazing
William - Singapore

TRIms Team surVive atas panduan wisata Kabupaten Pangandaran
Jacky - Depok

Haturnuhun kang Arief, Citumang seru!
Risna - Garut

TRIms surVive GIEZAG telah menemani kami ke Gn.Semeru. Salam lestari!
Tapak Adventure Club - Bandung Barat

Thanks!
Michael - Sydney

Thanks Bodyrafting Green canyon, extreme, enjoy dan seru
Santoso - Kudus

Seru banget Pantai Batukaras!
Sudrajat - Kuningan

エキサイティングなツアー。ありがとう Arief Pangandaran
Nakata-Osaka Japan

Kriteria Anda sukai dari surVive GIEZAG

Adventure Herbal Tradisi Kuliner Wisata

Pelayanan surVive GIEZAG

Terpopuler Minggu ini

INFUT DATA BOOKING
Masukan pilihan Anda sesuai keinginan
Di Data Base BOOKING surVive GIEZAG
KONFIRMASI KODE INVOICE
Invoice
ID Reg
Masukan kode konfirmasi yang telah Kami kirim kepada animasi-bergerak-surat-0284 Anda.

[Tutup]